Walikota Jambi Resmikan Showroom Dekranasda

Sabtu, 02 April 2016 - 16:29:48


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Guna mewadahi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Jambi, Walikota Jambi, H Syarif Fasha melaunching Show Room Dekranasda Kota Jambi di Sungai Kambang, Jumat (1/4).

Walikota Jambi, H Syarif Fasha, mengapresiasi Dekranasda yang  merupakan organisasi yang menghimpun, memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut serta berupaya meningkatan kehidupan pelaku bisnisnya yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah(UKM).

Dekranasda mempunyai misi untuk melestarikan nilai nilai budaya bangsa yang tercermin dalam produk kerajinan melalui program kegiatan pembinaan pelatihan dan pemasaran serta promosi hasil kerajinan daerah dengan mengikutsertakan dalam berbagai even pameran baik dalam maupun luar negeri.

Fasha berharap Dekranasda Kota Jambi terus bermitra dengan Pemerintah Kota Jambi melalui berbagai program. Selain itu, diharapkan terus berupaya membina dan mengembangkan seni kerajinan di Kota Jambi yang berbasis pada warisan budaya dan merupakan perwujudan keanekaragaman etnik yang ada.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan atas nama Pemerintah Kota Jambi kepada Ketua Umum Dekranasda Kota Jambi beserta jajarannya dan instansi terkait dalam hal ini adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi yang telah berhasil mewujudkan berdirinya Gerai Dekranasda Kota Jambi,” kata Fasha.

Fasha mengatakan, Gerai Dekranasda yang merupakan wadah untuk para perajin yang ada di Kota Jambi agar lebih tampil dalam mengenalkan apa yang sudah dibuat.  Gerai ini dibuat untuk memajang dan mamasarkan hasil kerajinan para perajin di Kota Jambi.

“Mereka harus difasilitasi mulai dari tempat hingga cara penjualan sehingga dengan begitu produk-produk unggulan yang ada di Kota Jambi bisa lebih dikenal baik didalam wilayah Kota Jambi sendiri, tingkat Provinsi,  meningkat lagi ke Nasional bahkan kita harapkan akan terus berkembang ke Tingkat Internasional,” ujarnya.

Gerai ini diharapkan dapat memudahkan para pembeli yang datang dari luar Kota Jambi untuk mengadakan transaksi dengan para pelaku industri kecil secara langsung karena selama ini pemasaran masih menjadi kendala utama bagi perajin lokal.

“Saya terus menghimbau kepada masyarakat Kota Jambi untuk harus lebih mencintai hasil produksi dalam negeri terutama produksi yang dihasilkan oleh para perajin Kota Jambi mengingat untuk menumbuh-kembangkan usaha kecil dan menengah membutuhkan proses yang cukup panjang,” tambahnya.

Sementara itu, Yuliana Fasha, Ketua Dekranasda Kota Jambi mengatakan, gerai Dekranasda di Sungai Kambang merupakan gerai kedua setelah gerai di Bandara Sultan Thaha. Hal ini sebagai bentuk apresiasi Pemkot Jambi dan Dekranasda Kota Jambi terhadap usaha dan industri kecil dan menengah.

"Alhamdulillah gerai kedua dapat kita resmikan walaupun masih menyewa tempat. Diharapkan dapat menampung hasil buah tangan para UKM dan IKM," ujar Yuliana Fasha.

Setelah selesai memberikan arahan, Fasha langsung memberikan piagam penghargaan kepada para pelaku UMKM yang sudah memiliki prestasi. Setelah itu, Fasha meresmikan Show Room Dekranasda dengan menggunting pita sebagai tanda peresmian. Dalam peresmian Show Room Dekranasda itu juga tampak beberapa pejabat yang hadir diantaranya adalah Ketua Komisi I DPRD Kota Jambi, Sekretaris Komisi II DPRD Kota Jambi, Sekda Kota Jambi, Asisten dan Staf Ahli Serta Pimpinan SKPD di seluruh Pemerintah Kota Jambi. (advertorial)