Bukit Suban Terbesar Raih Bantuan Dana Desa

Senin, 04 April 2016 - 16:08:30


Kondisi jalan bukit Kukup yang akan dibangun 2016 dengan nilai RP 4,5 Milyar
Kondisi jalan bukit Kukup yang akan dibangun 2016 dengan nilai RP 4,5 Milyar /

RADARJAMBI.CO.ID, SAROLANGUN- Desa Bukit Suban, Kecamatan Air Hitam salah satu desa yang mendapatkan bantuan dana desa terbesar pada tahun 2016, diantara 148 yang ada di 10 kecamatan di Kabupaten Sarolangun. Desa Bukit Suban meraih bantuan dana desa sebesar Rp 750 juta lebih.

Ini berbeda dengan desa Bathin Pengambang, Kecamatan Batang Asai. Sebab desa yang berada di wilayah Muara Talang tersebut merupakan desa yang terkecil dalam perolehan bantuan dana desa tahun 2016, yakni sekitar Rp 580 juta.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD), Drs H Ahmad Zaidan D MM, disela Rakor Kades triwulan I, baru-baru ini mengatakan, desa yang memperoleh bantuan dana desa yang bersumber dari APBN 2016 bervariasi. Ada beberapa point penentu dalam perolehan bantuan dana desa, seperti jumlah penduduk, luas wilayah dan jarak desa dengan ibu Kota Kecamatan.

“Dengan jumlah penduduk yang banyak bukan mesti harus memperoleh dana desa yang besar, tapi juga kalkulasikan dengan jangkauan jarak desa dengan pusat ibu kota kecamatan,”ujarnya.

Dipaparkan Zaidan, alokasi dana desa 2016 masih menunggu petunjuk dari pusat.  Kendati, beberapa waktu yang lalu, muncul informasi dari pusat soal alokasi dana desa yang masuk ke rekening kas daerah, dan sudah bisa ditransfer ke rekening kas desa pada bulan April 2016, hanya saja hal tersebut sedikit agak molor.

“Untuk tahun 2016, bantuan dana desa dari pusat belum terealisasi dan masih menunggu petunjuk pusat,”sebutnya.

Soal realisasi bantuan dana desa 2016 sedikit berbeda dengan 2015, kata Zaidan, jika tahun 2015 realisasinya dilakukan dalam tiga tahapan, tapi tahun 2016 realisasi dilakukan dua 2 kali tahapan.

Reporter: Charles Rangkuti
Editor: Gustav