Yuliana: Pembinaan 10 Program PKK Penting

Kamis, 14 April 2016 - 22:46:45


Ketua TP PKK, Yuliana Fasha, saat sosialisasi di Kecamatan Jelutung dalam program Pembinaan 10 Program Pokok PKK
Ketua TP PKK, Yuliana Fasha, saat sosialisasi di Kecamatan Jelutung dalam program Pembinaan 10 Program Pokok PKK /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Ketua TP PKK Kota Jambi, Hj Yuliana Fasha, kembali memberikan pembinaan 10 Program Pokok PKK, dan sosialisasi Peraturan Walikota (Perwal) Jambi Nomor 01 Tahun 2016 tentang Kelompok Kerja Operasional Pembinaan Pos Pelayanan Terpadu Dan Bantuan Operasional Posyandu di Kecamatan Jelutung.

Yuliana Fasha mengatakan, PKK bahwasannya sudah melakukan bimbingan pembinaan 10 program pokok PKK, dan ini adalah kecamatan yang ke 6 dalam kegiatan bimbingan pembinaan 10 program  pokok PKK, dan sosialisasi Perwal Nomor 01 Tahun 2016 di seluruh kecamatan yang berada di Kota Jambi. Makanya, untuk memastikan bahwa 10 program PKK yang sudah dicanangkan melalui rakor itu bisa dilaksanakan di seluruh kecamatan dan kelurahan se Kota Jambi.

Menurut Yuliana, sebenarnya 10 program PKK adalah yang semua Ketua PKK Kecamatan dan Kelurahan, sudah memahaminya. Namun agar tidak lupa makanya TP PKK lakukan pembinaan, selain itu juga setiap PKK kecamatan atau kelurahan juga diharapkan bisa memberikan inovasi dan pemeliharaan lingkungan yang sehat.

"Gerakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga adalah sebagai mitra pemerintah, keberadaannya ada dari tingkatan paling bawah sampai dengan tingkat nasional," kata Yuliana.

Yuliana menambahkan, gerakan PKK tetap memelihara hubungan konsultatif koordinatif dengan tetap memperhatikan hirarki diseluruh jenjang TP PKK. Hal ini menjadi ikatan yang kuat antar semua jajaran Gerakan PKK dan pusat sampai kelompok dasawisma. Bimbingan pembinaan 10 program Pokok PKK ini penting bagi PKK, sebagai bentuk saling bertukar infomasi dan menyamakan persepsi dalam upaya meningkatkan kinerja PKK umumnya, dan kinerja masing masing Pokja pada khususnya.

"Tugas Kader PKK maupun Kader Posyandu dalam melaksanakan pendampingan dan membantu ibu hamil dan keluarga balita melalui Posyandu. Pelaksanaan PHBS rumah tangga diharapkan akan membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas," jelas Yuliana Fasha.

Yuliana Fasha menekankan, bahwa yang sangat penting itu adalah mulai dari perbaikan administrasi kemudian bagaimana kegiatan-kegiatan itu tidak hanya sebagai simbol. Misalnya PKDRT bukan hanya sebagai lomba, tetapi bisa memberikan bantuan hukum dan pembinaan kepada masyarakat yang terkena dampak dari PKDRT, kemudian sebagaimana Penggerak PKK terutama kecamatan dan kelurahan, bisa benar-benar mensosialisasikan untuk pendidikan anak-anak usia dini.

"Dan yang paling penting itu pembinaan terhadap para pengrajin- pengrajin, terutama pengrajin batik Jambi yang berada di kecamatan dan kelurahan-kelurahan,"tambahnya.

Dalam upaya Revitalisasi Posyandu, sambung Yuliana, maka diperlukan pengaturan regulasi berupa Peraturan Walikota yang akan mengatur operasional kegiatan posyandu dan kelembagaan yang ada di kecamatan dan kelurahan. Sehingga dalam kesempatan bersama ini juga akan memberikan sosialisasi Peraturan Walikota Jambi nomor 01 Tahun 2016 tentang Kelompok kerja Operasional pembinaan Pos pelayanan terpadu dan Bantuan Operasional Posyandu. Yang akan disampaikan oleh SKPD terkait.

"Sehingga diharapkan adanya persamaan persepsi tentang keberlangsungan Posyandu di Kota Jambi dalam mendukung program pemerintah daerah Kota Jambi," pungkasnya.


Reporter: Chandra
Editor: Gustav