Pembebasan Lahan untuk Pelebaran Jalan Tak Ada Masalah

Senin, 11 April 2016 - 00:16:02


Salah satu sudut jalan di Kota Jambi
Salah satu sudut jalan di Kota Jambi /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Walikota Jambi, H Syarif Fasha, berencana ingin melebarkan sejumlah ruas jalan di Kota Jambi. Pelebaran jalan ini bertujuan agar mengurangi titik kemacetan di beberapa ruas jalan yang banyak dilalui oleh kendaraan setiap harinya.

Fasha mengatakan, bahwa beberapa ruas jalan yang akan dilebarkan antara lain adalah jalan Gatot Soebroto, jalan Hayam Wuruk, jalan Orang Kayo Hitam dan jalan Amir Hamzah.

“Tahun ini kami fokus dulu untuk pelebaran di jalan Gatot Soebroto, mulai dari Simpang Mangga hingga Simpang Empat Jelutung,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa untuk jalan Hayam Wuruk, akan direncanakan pada tahun 2017, mengingat saat ini pihaknya masih melakukan tahap perencanaan untuk ruas jalan yang akan dilebarkan tersebut. Sementara untuk jalan Orang Kayo Hitam, Fasha mengatakan akan dilebarkan di tahun 2017 atau di 2018 mendatang.

Fasha mengatakan bahwa di tahun mendatang, ia berupaya agar pelebaran jalan tidak lagi ada pembebasan lahan. Akan tetapi, memanfaatkan ruang atau space yang ada. “Kan itu di luar pagar masyarakat masih ada space, itu yang kita manfaatkan,” katanya.

Dikatakan Fasha, di tahun mendatang juga tidak ada lagi sistem drainase terbuka. Drainase akan ditutup di bawah trotoar. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan lahan. “Kalau dilebarkan sekitar 1,5 hingga 3 meter nanti,” katanya.

Untuk jalan Amir Hamzah, Fasha mengatakan bahwa sudah mulai dilakukan pelebaran jalan tahun ini. Mengingat wilayah itu kini telah diberlakukan sistem satu jalur.

Meski demikian, saat jam sibuk atau saat jam masuk dan pulang sekolah, jalan ini selalu macet. Sebab, selain banyaknya pertokoan, dan sekolah, jalan ini juga banyak dilalui oleh pengendara yang hendak bekerja di pemerintah Provinsi Jambi.

“Kalau sudah selesai pelebaran nanti, jika memungkinkan akan kita berlakukan lagi untuk dua jalur,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PU Kota Jambi, Fartri Suandri, mengatakan bahwa untuk pelebaran jalan Amir Hamzah tersebut, Pemerintah Kota Jambi telah menyiapkan dana dari APBD tahun 2016 ini sebesar Rp 3,7 miliar. Dan diperkirakan jalan dengan panjang kurang lebih 1 KM tersebut akan selesai dibangun hingga Oktober mendatang.

“Untuk yang jalan Orang Kayo Hitam saat ini tengah perbaikan drainasenya dulu,” ujarnya.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav