Rumah Kemasan Dapat Layani 400 UKM di Kota Jambi

Selasa, 26 April 2016 - 20:21:52


Ilustrasi
Ilustrasi /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi menyebutkan, rumah kemasan yang baru selesai dibangun dapat melayani sekitar 400 Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Jambi itu dalam meningkatkan kemasan produk yang dihasilkan.

Disela-sela selesai mengikuti upacara Hari Kartini, Kadis Perindag Kota Jambi, Komari mengatakan, rumah kemasan produk makanan dan minuman yang dibangun di kawasan Pall 10 Kota Jambi itu, untuk meningkatkan daya saing dan pemasaran berbagai makanan olahan yang diproduksi oleh UKM di wilayah kota Jambi.

"Rumah kemasan itu nantinya setiap harinya dapat melayani lebih kurang 400 UKM dalam hal untuk meningkatkan kemasan produknya. Dan target kita bukan hanya dari Kota Jambi saja, tetapi dari luar daerah juga akan kita layani dalam meningkatkan mutu kemasan," katanya.

Komari menjelaskan, rumah kemasan yang dibangun dari APBD Kota Jambi sekitar Rp 1,3 miliar itu saat ini sudah selesai dan tinggal diresmikan pemakaiannya. Sedangkan untuk peralatan di rumah kemasan tersebut, kata Komari, pemerintah kota Jambi mendapat bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perindustrian dan Perdagangan.

"Pengerjaannya sudah selesai, peralatannya sudah ada, hanya saja tinggal pemasangan instalasi listrik dan itu nantinya akan mulai dibuka sebelum bulan puasa tahun ini," katanya menjelaskan.

Menurut Komari, selama ini produk minuman dan olahan dari para UKM di Kota Jambi ini belum mampu untuk bersaing, dikarenakan kemasannya masih sangat sederhana sehingga kurang menarik. Berbeda dengan produk olahan hasil UKM di daerah luar yang kemasan produknya sudah dibuat sangat bagus, sehingga sudah mampu bersaing di berbagai pasar modern.

"Jika kita lihat di daerah luar, produk UKM sudah banyak dipasarkan di pasar modern seperti mall, super market, swalayan dengan kemasan yang menarik mungkin dan tidak kalah menariknya dengan produk makanan pabrik skala besar," ujarnya.

Oleh sebab itu, dengan adanya rumah kemasan ini pihaknya berharap pelaku UKM di Jambi bisa meningkatkan kualitas produknya dan juga kemasannya untuk bersaing diberbagai pasar modern.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav