Walikota Apresiasi Kepada Pegiat Pendidikan di Kota Jambi

Jumat, 06 Mei 2016 - 13:21:39


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Guna merayakan semangat capaian dan cita-cita pendidikan dan kebudayaan bangsa dan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional pada Selasa, (3/5) pemerintah Kota Jambi menggelar upacara Bendera di Lapangan Balai Kota Jambi. Tak hanya diikuti oleh aparatur sipil negara (ASN), upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional juga disaksikan langsung oleh masyarakat Kota Jambi. Dalam upacara itu, Walikota Jambi bertindak langsung sebagai inspektur upacara.

Dalam arahannya Walikota menyampaikan apresiasi kepada para pegiat pendidikan di Kota Jambi atas peran aktifnya dalam mencerdaskan bangsa. 

“Kepada Ibu dan Bapak pendidik di seluruh jenjang, yang tak lelah menyalurkan inspirasi, membuka jalan pencerahan, dan membangkitkan asa setiap insan yang dididiknya agar menjadi manusia yang berkarakter, berpengetahuan dan memberikan faedah bagi sekitarnya, izinkan saya atas nama pemerintah Kota Jambi menghaturkan rasa hormat yang mendalam,” kata Walikota Jambi, H Syarif Fasha.

Sesuai tema Hari Pendidikan Nasional Tahun ini, yaitu Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita, Fasha mengajak semua pihak ikut bergerak, ikut terlibat dalam meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di Tanah Pilih ini. Ia juga mengajak semua pihak untuk memajukan pendidikan agar benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak-anak, yang akan membuatnya bisa melihat peluang mendorong kemajuan menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya. 

“Saatnya bagi kita untuk mempertahankan dan meningkatkan berbagai penghargaan atas keberhasilan kita dalam dunia pendidikan. Teruslah berkarya,  berkreatifitas dan berinovasi menciptakan ide-ide kreatif yang akan memicu kemajuan dalam bidang pendidikan di Tanah Pilih ini,” tambahnya.

Walikota mengingatkan semua pihak berkewajiban untuk mencetak generasi muda menjadi individu yang tidak hanya cerdas intelektualnya saja, tetapi juga cerdas emosinya, memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, serta cerdas secara sosial dengan mengembangkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama dan lingkungannya. Sebagai bagian penting dan sangat mendasar dalam program pembangunan ia berharap agar program pendidikan di Kota Jambi dapat terus ditingkatkan, terutama jangkauan ataupun akses pelayanannya, sehingga tidak ada lagi anak yang tidak bersekolah pada usia sekolah, tidak ada lagi anak usia sekolah yang putus sekolah karena alasan biaya, dan tidak ada lagi tenaga pendidik dan kependidikan yang mengeluhkan kecilnya gaji atau tunjangan, karena guru sudah relatif lebih sejahtera dan tenaga kependidikan juga sudah memiliki tunjangan kerja dari pemerintah daerah.

Dihadapan para pendidik, Walikota mengatakan bahwa para pendidik tidak perlu khawatir akan tunjangan atau gaji yang kecil. Karena di tahun 2016 ini pemerintah telah meningkatkan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) kepada semua guru PNS di Kota Jambi. Tak hanya itu, pihak pemerintah juga telah menganggarkan pembelian pakaian dinas yang akan dibagikan secara gratis kepada pegawai di lingkungan pemerintah Kota Jambi termasuk tenaga pendidik.

Dikatakan Walikota, upacara pagi hari ini cukup khusus, karena selain melaksanakan upacara hari Pendidikan Nasional, juga melaksanakan upacara pembukaan praktek kerja Lapangan ll Madya Praja IPDN Kampus Sumatera Barat. 

“Seperti yang kita lihat ditengah-tengah kita telah hadir Para Madya Praja IPDN yang gagah dalam uniform dan atribut kebanggaannya, untuk itu atas nama pemerintah dan masyarakat saya menyampaikan Selamat Datang di Tanah Pilih Pusako Batuah Kota Jambi kepada para Dosen, Pelatih, Pengasuh dan staf pendukung,  serta tentunya adik-adik Praja Madya yang kami banggakan,” katanya. 

Ia berharap, selama masa Praktek Lapangan dan/atau Bhakti Karya Praja di Kota Jambi ini, Bapak ibu, saudara dan adik-adik Praja sekalian merasa nyaman,  betah dan berkesan selama berada di Tanah Pilih tercinta ini. 

Selain itu, tentunya Bhakti Karya ini akan menambah pengalaman praktis,  karena akan terlibat langsung dalam berbagai aktivitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan yang dilakukan pada lokus praktek lapangan bersama perangkat Kelurahan serta warga masyarakat. Khusus ditingkat kelurahan pendayagunaan Praja Madya IPDN ini akan mendorong terwujudnya tertib administrasi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat di Tanah Pilih ini. 

“Kehadiran kalian-pun, saya yakini akan mampu menjadi motivasi dan penyemangat kerja perangkat kelurahan untuk meningkatkan kinerja dan keterampilan teknis dalam pengelolaan administrasi kelurahan, penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kelurahan, laporan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan,  termasuk juga laporan akuntabilitas kinerja pada pemerintahan kelurahan,” katanya.(advertorial)