Berantas Buta Aksara Sasar Lansia

Selasa, 17 Mei 2016 - 19:28:11


/

RADARJAMBI.CO.ID, BANGKO- Program berantas buta aksara Al Quran yang dicanangkan Bupati Merangin, H Al Haris, agaknya semakin membuahkan hasil. Pasalnya, tak hanya anak-anak yang gencar dilakukan bimbingan mengaji di Masjid-masjid, tapi juga para orang tua atau lansia.

Seperti halnya ibu-ibu pengajian di Mushola Baitunnajah, Kelurahan Dusun Bangko, yang menggelar pengajian setiap Kamis.

Menariknya, para nenek-nenek tersebut, justru lebih bersemangat dalam mempelajari huruf-huruf Al Quran, sehingga kebanyakan nenek-nenek itu sudah lancar dalam membaca Al Quran.

Hal ini diungkapkan Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Merangin, Hesti Haris, saat menghadiri acara pengajian di Mushola itu setiap sepekan sekali itu.

“Saya sangat bangga dengan ibu-ibu dan nenek-nenek, tampak bersemangat belajar Al Quran. Biasanya pengajian ibu-ibu itu, hanya mendengarkan ceramah dan Yasinan, tapi di Mushola ini diajarkan mengaji,” ujar Hesti Haris.

Ketua BKMT Merangin, sangat salut dengan Ustad Baginda Martua Harahap, Ustad Ilham dan Ustazah Afni Musra yang melakukan bimbingan membaca Al Quran, di Mushola tersebut.

"Kami sangat senang dengan kehadiran Ibu Ketua BKMT Kabupaten Merangin Hj Hesti Haris pada acara yang sangat sederhana ini. Sebenarnya kami malu, karena acara ini sangat sederhana untuk dihadiri Ibu Hesti,"ujar Ketua Pengajian.

"Yang penting, dengan kesungguhan dan kemauan belajar, ternyata ibu-ibu bisa membaca Al Quran. Dari yang tidak tahu huruf Al Quran, sekarang  jadi paseh dalam membaca Al Quran, itulah yang luar biasa,” terangnya.

Hesti berharap, semoga ibu-ibu kelompok pengajian lainnya, bisa mencontoh pengajian di Mushola Baitunajah. Belajar dari sekarang, tidak ada kata terlambat, jika sudah bertekat Allah yang akan memudahkan semuanya.

Reporter: Kasriadi
Editor: Gustav