Empat Warga Batanghari Positif Terserang Kusta

Minggu, 22 Mei 2016 - 23:45:45


/

RADARJAMBI.CO.ID, MUARABULIAN- Selama tahun 2016, Dinas Kesehatan Batanghari menemukan empat kasus penyakit Kusta, yang menyerang warga di 3 Kecamatan. Penyakit kusta sendiri merupakan penyakit menahun yang disebabkan oleh perkembangan kuman mycobacterium leprae. Bakteri tersebut menyerang kulit syaraf tepi dan jaringan tubuh lainnya. Akibat serangan kuman ini, tubuh manusia bisa cacat permanen pada organ tubuh.

Di Kabupaten Batanghari, korban penyakit kusta yang berhasil ditemukan Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari yakni, masing-masing warga Kecamatan Bajubang berjumlah dua orang, seorang warga Kecamatan Pemayung dan seorang lagi warga Kecamatan Muarabulian.

Kepala Seksi Pencegahan Kusta, Dinkes Batanghari, Syahmirdan menyebutkan, para korban diketahui mengidap Kusta jenis basah atau multi baselir, dan telah menjalani pengobatan di pusat kesehatan milik pemerintah.

"Jumlah penderita kusta diperkirakan masih banyak. Namun mereka enggan melapor karena malu," katanya.

Untuk mengantisipasi penyebaran Kusta, sambungnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, menghimbau masyarakat aktif melakukan pemeriksaan kesehatan.

Gejala Kusta bisa dicegah dengan imunisasi BCG pada bayi.

"Gejala kulit seperti gatal-gatal bakteri penyebab kusta berkembang cepat di kawasan pemukiman yang kotor," pungkasnya.

Reporter: Raden Humaidi
Editor: Gustav