Edi Purwanto Setuju 1 Juni jadi Hari Libur Nasional

Senin, 30 Mei 2016 - 20:58:17


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Ketua DPD PDI Perjuangan provinsi Jambi, Edi Purwanto menilai berbagai persoalan bangsa yang dihadapi saat ini bisa selesai dengan menjadi Pancasila sebagai falsafah bangsa. Makanya, ia mendorong agar pemahaman Pancasila sebagai dasar negara terus disosialisasikan. Sehingga lahirnya berbagai paham yang bertentangan nila-nilai Pancasila bisa diminimalisir.

“Pendiri bangsa kita berpikir. Jika dengan keberagaman bahasa, suku, adat, agama dan luasnya wilayah, maka perlu ada falsafah negara yang bisa menyatukannya. Pancasila adalah ideologi bangsa yang bisa membuat bangsa kita saling memahami,”kata Edi Purwanto, kemarin.

Makanya, ia pun menyatakan setuju jika pemerintah RI segera menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Dan selanjutnya setiap 1 Juni menjadi hari libur nasional.

“Sekarang dalam tahap Perpres masih dalam finalisasi,”katanya.

Langkah pemerintah ini didukung oleh masyarakat dan banyak ormas, termasuk di dalamnya NU dan Muhammadiyah.

“Ini sebenarnya bukti nyata tentang konsensus anak-anak bangsa menjadikan Pancasila sebagai Ideologi dan Falsafah Hidup Bangsa Indonesia,”jelasnya.

PDI Perjuangan sendiri setiap tahunnya sudah memperingati 1 Juni sebagai hari lahirnya pancasila. Ini sebagai bentuk refleksi sejarah agar semua generasi mengingat bagaimana pendiri bangsa menyatukan bangsa ini lewat pancasila.

“Tinggal bagaimana, hal ini tidak hanya menjadi seremonial belaka, tapi nilai-nilai Pancasila dapat membumi dalam setiap perilaku kehidupan masyarakat Indonesia,”katanya.

Ia berharap juga tidak ada lagi ribut-ribut untuk mencari ideologi negara. “Pancasila telah terbukti sekian lama, dari tahun 1945 telah berhasil merekatkan bangsa, dari Sabang sampai Merauke,”katanya.

“Terkait berbagai ancaman ideologi yang bertentangan dengan Pancasila, insya Allah bangsa ini akan mampu mengeliminirnya, selama kita konsisten mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila. Itu makna Pancasila Sakti bagi saya, “ujar Edi sambil tersenyum.

PDI Perjuangan sendiri, lanjut Edi akan memperingati 1 Juni ini dengan menggelar upacara dan penaburan bunga di taman makam pahlawan. “Dilanjutkan doa bersama. Sekaligus menyambut bulan puasa,”pungkasnya.

Reporter: Hilman
Editor: Gustav