Disdik Pastikan Semua Sekolah Diliburkan Saat Ramadhan

Senin, 30 Mei 2016 - 07:54:28


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi, memastikan sepanjangan Ramadhan 1437 Hijriah, bertepatan dengan 2016 Masehi, semua jenjang sekolah di Provinsi Jambi diliburkan.

Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Rahmad Derita, akhir pekan kemarin.

Kebijakan ini, katanya, dikeluarkan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik untuk maksimal menjalankan ibadah tanpa terbeban oleh jam belajar.

“Kami di Disdik berharap, agar orang tua dan masyarakat bersama-sama ikut berperan untuk memfasilitasi anak-anak kita dengan kegiatan keagamaan, untuk memperkuat ahklak mulia anak. Libur Sekolah, bukan berarti libur belajar. Mereka para siswa masih bisa belajar di rumah dengan orang tua dan masyarakat,” katanya.

Pembelajaran yang bisa dilakukan siswa saat libur Ramadhan adalah meningkatkan kegiatan agama dan ibadah. Dan, katanya, tentu memerlukan bimbingan orang tua dan masyarakat.

“Pada Ramadhan kali ini yang kita manfaatkan untuk membangun, mempererat dan tali silaturahmi antara anak dengan orang tua,” lanjut Rahmad Derita.

Libur Ramadhan ini sendiri menurut RD, tidak berpengaruh dengan kalender pendidikan. “Saya jelaskan, anak-anak tidak ke Sekolah bukan berarti tidak belajar. Mereka hanya libur ke Sekolah tapi tetap belajar di rumah,” jelas Rahmad.

Untuk diketahui, di Ramadhan tahun ini juga, Dinas Pendidikan Provinsi Jambi akan menggelar pesantren Ramadhan, yang akan berlangsung selama 7 hari, dan ini akan diikuti oleh perwakilan siswa SMA dan SMK se Provinsi Jambi.

Reporter: Kaspul Anwar
Editor: Gustav