Wawako Resmikan Pasar Murah Pemkot

Selasa, 31 Mei 2016 - 10:12:26


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Jelang Ramadhan dan Idul Fitri pada tahun 2016 ini, pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Jambi menggelar Pasar Murah di tiap kecamatan. Hal ini guna membantu masyarakat yang kurang mampu. Secara simbolis, peresmian dilakukan Wakil Wali Kota Jambi, H Abdullah Sani di SD Pertiwi 1 Kota Jambi, Kelurahan Murni, Kecamatan Danau Sipin.

Pemkot menyediakan 15.000 paket sembako untuk 11 kecamatan. Paket terdiri atas minyak goreng 2 liter, gula pasir 1 kg, tepung terigu 1 kg, susu kental manis 1 kaleng, mentega 200 gr 2 sachet. Harganya Rp 40.000. Lebih murah Rp 20 ribu dari harga normal. PPI menjual gula per kg Rp 12.500, sementara harga normal Rp 15.000.

Wakil Walikota Jambi, H Abdullah Sani, mengatakan, sebagai bentuk kebersamaan dalam menjalankan ibadah Ramadhan dan menyambut datangnya Idul Fitri, sebagaimana biasanya pemerintah Kota Jambi senantiasa mengadakan kegiatan pasar murah disetiap kecamatan. Kegiatan ini terutama memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga jauh lebih murah.

Sani menambahkan, bahwa dengan dibukanya pasar murah di 11 kecamatan ini, dapat dimanfaatkan masyarakat dengan baik. Ia meminta agar seluruh pihak dapat bekerjasama dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. "Saya harap ini benar-benar sudah di data dan harus tepat sasaran," tambahnya.

Dilanjutkannya lagi, dengan adanya pasar murah ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang tidak mampu sebagai dalam menyambut Ramadan yang biasanya harga sembako naik.

"Saya harap pasar murah tepat sasaran, jangan sampai yang berhak malah tidak mendapatkannya, syarat penerima paket pasar murah adalah warga tidak mampu," ujar Sani.

Sani berpesan, kepada pihak penyelenggara agar kegiatan ini benar-benar tepat sasaran, agar masyarakat tidak mampu yang seharusnya difasilitasi tidak mendapatkan kesempatan untuk berbelanja dengan harga murah. Untuk itu, perlu kecermatan dan kesabaran seluruh panitia dalam mengkoordinir kegiatan pasar murah ini.

"Jangan sampai paket yang ditawarkan malah diborong oleh masyarakat yang tergolong mampu, atau pihak lain yang kemudian menjual kembali paket yang dibeli dengan harga pasar. Demikian juga kepada Camat dan Lurah agar dapat membantu panitia sehingga apa yang menjadi tujuan dari kegiatan ini dapat dicapai sesuai dengan yang diharapkan," pungkasnya.

Sementara, Komari, Kepala Disperindag Kota Jambi mengatakan, bahwa pasar murah ini dilakukan dalam rangka membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sembako saat Ramadhan. Sebab, saat ini beberapa harga sembako seperti daging ayam, gula, minyak sayur sudah merangkak naik.

"Kita kerja sama dengan Camat, Lurah, RT untuk yang berhak menerima. Sasaran warga tidak mampu," ujar Komari.

Pada sembako murah ini, pemerintah menawarkan paket murah dengan harga Rp 40 ribu dengan isi paket berisi minyak goreng 2 liter, gula 1 kilogram, tepung terigu 1 kilogram, susu kental manis 1 kaleng, dan mentega 2 sachet.

Sementara itu Pasar murah terselenggara atas kerja sama Disperindag Kota Jambi dan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).(advertorial)