KPU Muaro Jambi Ujicoba Aplikasi Silon

Kamis, 16 Juni 2016 - 21:07:29


/

RADARJAMBI.CO.ID, MUARO JAMBI- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muaro Jambi pada hari ini,  Jumat (17/6) akan melakukan ujicoba penggunaan aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) bersamaan dengan 100 daerah lain yang menggelar Pilkada Serentak tahun 2017.

Benar, rencananya besok pagi hingga sore kita akan lakukan simulasi atau ujicoba penggunaan aplikasi Silon yang merupakan hasil kerjasama KPU RI dan Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Pusikom UI), ujar Ketua KPU Kabupaten Muaro Jambi, Edison SE kepada sejumlah wartawan, kemarin.

Menurutnya, ujicoba hanya dilakukan oleh operator internal KPU Kabupaten Muaro Jambi dan belum melibatkan bakal pasangan calon.

Tapi dalam uji coba ada empat orang operator kita yang seolah-olah dijadikan operator dari dua pasangan calon. Ujicoba ini terkoneksi langsung dengan Silon yang servernya di Jakarta, lanjutnya.

Diharapkan Edison, dari ujicoba yang dilaksanakan akan diketahui kendala-kendala teknis dalam peningputan data-data terkait Silon. Disamping jika memang nantinya ada kendala-kendala lainnya yang bersifat non teknis seperti jaringan internet dan listrik.

Sehingga nanti ketika pada tahapannya Silon sudah tidak ada kendala lagi dan siap dioperasionalkan pada tahapan pencalonan, lanjut alumni Fakultas Ekonomi Universitas Jambi ini.

Disinggung berapa jumlah operator yang akan terlibat dalam ujicoba Silon, Edison menjawab sebanyak 8 orang.

Ini sesuai surat dari KPU RI terkait pelaksanaan ujicoba Silon secara serentak di tingkat nasional ini, tandasnya.

Reporter: Gustav