Dishub Siagakan Ratusan Kendaraan

Rabu, 29 Juni 2016 - 23:43:27


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi menyiagakan 700 AKAP dan AKDP guna mengantisipasi lonjakan pemudik. "Ada sekitar 700 angkutan antar dan dalam provinsi yang kita siagakan. Sopirnya juga sudah kita cek kesehatan termasuk tes urine, antisipasi penyalahgunaan narkoba," ungkap Sri Sapto Edi, Kadishub Provinsi Jambi, saat melepas angkutan mudik lebaran tahun 2016 di Terminal Bus Alam Barajo, Rabu pagi (29/6).

Dari tes tersebut, Dishub bekerjasama bersama BNN dan pihak kepolisian katanya, berhasil mengamankan dua sopir yang positif menggunakan narkotika seperti sabu.

"Hari ini (kemarin,red) ada satu, itu langsung kita amankan, kita akan introgasi dan selidiki apakah memang pemakai ataupun pengedar. Ini kita lakukan sesuai dengan UU 35 tahun 2009," jelasnya.

Sapto juga mengaku untuk persiapan mudik lebaran tahun ini menurutnya sudah mencapai 100 persen. Karena sejumlah lokasi mulai dari terminal dan posko pelayanan serta rest area sudah disiapkan.

"Posko ada di empat jembatan timbang di Provinsi Jambi, kemudian di SPBU juga ada 14 lokasi. Rest area diseluruh terminal itu ada," katanya.

Selain itu, kini kondisi jalan di Provinsi Jambi sendiri, menurut Sapto, masih relatif baik, hanya saja di sejumlah wilayah masih dalam tahap perbaikan dan kemungkinan akan terjadi hingga lebaran nanti.

"Seperti di kawasan Tembesi menuju Tebo itu ada wilayah di sana masih pengerjaan jalan beton, kita akan bekerja sama dengan pihak Dirlantas untuk pemberlakuan buka tutup jalur disana," pungkasnya.

Kepala BNNP Jambi, Ghiri menjelaskan saat ini sudah lebih dari seratus sopir bus sudah dilakukan tes urine. Program ini pun dikatakan akan terus dilakukan hingga arus balik lebaran nantinya.

"Semua terminal bus, bandara dan pelabuhan kita standbykan pos untuk pengetesan urine," terangnya.

Reporter: Kaspul Anwar
Editor: Gustav