Hari Pertama Sekolah, Walikota Fasha Ajak Orangtua Antar Anak ke Sekolah

Minggu, 17 Juli 2016 - 18:59:34


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Wali Kota Jambi H. Syarif Fasha, menghimbau orangtua siswa agar mengantarkan anaknya pada hari pertama masuk sekolah setelah libur panjang dan memasuki tahun pelajaran baru 2016/2017.

Fasha mengatakan, cara itu akan dapat membangun semangat baru atau motivasi bagi anak-anak untuk belajar, sekaligus juga dapat meningkatkan hubungan silaturrahmi dan kemitraan yang baik antara orangtua siswa dengan para pendidik.

"Sebagai kepala daerah dan juga sebagai orangtua siswa, saya mangajak mari kita sama-sama mengantarkan anak kita dihari pertama masuk sekolah besok (Senin 18/7-red). Selain memberikan semangat baru bagi anak-anak untuk belajar, kehadiran orangtua siswa disekolah juga dapat membangun silaturrahmi dan hubungan positif antara orangtua dengan lingkungan sekolah khususnya para guru," ujar Fasha.

Fasha menambahkan mengantar anak ke sekolah, juga dapat membangun kepercayaan dan semangat kebersamaan dalam mendidik anak antara orangtua dan guru. Kepada orangtua, guru juga dapat menjelaskan secara langsung rencana kegiatan belajar mengajar.

Fasha menyadari tidak semua orangtua memiliki waktu yang cukup untuk mengantar anaknya ke sekolah dikarenakan rutinitas pekerjaan dan faktor lain utamanya di pagi hari. Namun untuk hari pertama sekolah dan memasuki tahun pelajaran baru ini, ia menghimbau agar orangtua siswa dapat menyisihkan waktunya guna mengantarkan anaknya ke sekolah.

"Saya sangat menyadari kesibukan sebagian dari orangtua siswa, khususnya rutinitas kerja di pagi hari. Tapi karena besarnya manfaat mengantar anak dihari pertama sekolah itu, baik bagi siswa sendiri, orangtua maupun lingkungan sekolah, makanya saya sangat menghimbau hal itu," tambahnya.

Terkait dengan itu, Wali Kota Fasha juga telah mengambil kebijakan akan memberikan dispensasi pada Senin (18/7) besok, khusus kepada orangtua yang mengantar anaknya ke sekolah.

"Pemkot akan memberikan dispensasi kepada orangtua yang mengantarkan anaknya kesekolah pada hari pertama tersebut. Yang bersangkutan harus lebih dulu meminta izin kepada atasannya dengan juga menyebutkan nama siswa dan sekolahnya," terang Fasha.

Himbauan Wali Kota tersebut sejalan dengan arahan Mendikbud Anies Baswedan. Sebagaimana diketahui Menteri Anies mengajak kalangan orangtua untuk mengantarkan anaknya ke sekolah di tahun ajaran baru 2016/2017, yang akan dimulai besok, Senin (18/7).

Melalui surat nomor 4 tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah yang sebagian besar jatuh pada 18 Juli 2016 itu, Anies menghimbau agar orangtua dapat mengantar anaknya di hari pertama sekolah.

Dalam surat itu Anies juga mengimbau ASN didaerah untuk mengantarkan anak ke sekolah di hari pertama dan memberikan dispensasi dapat memulai kerja sesudah mengantarkan anaknya ke sekolah. Anies juga mengimbau instansi swasta di daerah memberi dispensasi bagi karyawan untuk dapat memulai kerja sesudah mengantarkan anaknya ke sekolah tersebut.

Ia sangat berharap orangtua dapat berperan aktif dihari pertama masuk sekolah. Anies juga tidak sependapat dengan adanya orangtua yang hanya menitipkan saja anaknya kesekolah.

"Keberadaan orangtua disekolah sangat penting," katanya.

Pasalnya, kata Anies, setelah mereka terdaftar maka anak akan lebih banyak menggunakan waktunya di sekolah. Sepertiga waku mereka, akan dihabiskan dengan kegiatan di sekolah. Karenanya, hubungan orangtua dengan sekolah harus dekat, baik di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), maupun Menengah Atas (SMA)," Tambah Anies. (advertorial)