Kemenristekdikti Sediakan 1.500 Formasi CPNS

Rabu, 06 September 2017 - 20:59:33


Ilustrasi CPNS
Ilustrasi CPNS /

RADARJAMBI.CO.ID, JAKARTA-Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyediakan 1.500 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan direkrut tahun ini. Sebagian besar formasi CPNS di Kemristekdikti ini tersedia untuk jabatan Dosen Lektor dan Dosen Asisten Ahli.

"Kemristekdikti membuka lowongan untuk 643 jabatan yang menyediakan 1.345 formasi CPNS bagi pelamar umum, dari mulai dosen lektor, dosen asisten ahli, auditor ahli pertama, instruktur ahli pertama, dan auditor terampil," kata Sekretaris Jenderal Kemristekdikti, Ainun Na’im, selaku Ketua Panitia Seleksi Penerimaan CPNS 2017 Kemristekdikti di Jakarta, Rabu (6/9).

Kecuali untuk jabatan Auditor dan Instruktur Ahli Pertama, semua lowongan CPNS bagi pelamar umum di Kemristekdikti mensyaratkan minimal pendidikan Strata Dua (S2) dari hampir semua program studi pendidikan. Khusus untuk Dosen Lektor persyaratannya adalah Strata Tiga (S3).

Selain membuka lowongan untuk pelamar umum, Kemristekdikti juga membuka lowongan bagi putra/putri lulusan terbaik atau Cumlaude, sebanyak 95 jabatan untuk 150 formasi.

Juga tersedia lima jabatan dengan lima formasi khusus untuk putra/putri Papua dan Papua Barat, yaitu S2 Ilmu Perairan/Pengalolaan Sumber Daya Perairan/Ilmu Perikanan/Biologi/Sistem-Sistem Pertanian, S2 Kesehatan Masyarakat, S2 Pendidikan Bahasa Indonesia, S2 Pengkajian Penciptaan Seni, dan S2 Tehnik Konstruksi Sipil.

Untuk formasi umum dan putra/putri terbaik atau cumlaude pada posisi jabatan Dosen Asisten Ahli, Dosen Lektor, dan Instruktur Ahli Pertama akan ditempatkan pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di lingkungan Kemristekdikti.

Sedangkan untuk formasi putra-putri Papua dan Papua Barat akan ditempatkan pada PTN yang ada di wilayah Papua dan Papua Barat.

“Informasi detil terkait rencana penempatan dapat dilihat pada laman htpp://cpns.ristekdikti.go.id,” ungkap Ainun.

Bagi pelamar yang berminat wajib melakukan pendaftaran online pada laman https://sscn.bkn.go.id mulai 11 September 2017, dengan mengisi formulir yang telah disediakan menggunakan data kependudukan yang tertera pada KTP dan/atau KK. Registrasi online ini akan ditutup pada tanggal 25 September 2017.

Selanjutnya, pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi diumumkanpada tanggal 30 September 2017 di lamanhttp://cpns.ristekdikti.go.id.

“Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar,” ujar Ainun.

Bagi pelamar yang dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan dilaksanakan pada 25-30 Oktober. Sementara pengumuman final hasil seleksi akan dilakukan pada 1-8 November 2017.

Sumber: jpnn.com