Musrenbang RKPD Jambi 2019 Fokus Pemerataan Pembangunan

Kamis, 05 April 2018 - 20:16:17


Gubernur Jambi Zumi Zola Membuka  Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang-RKPD) Pemprov Jambi tahun 2019.
Gubernur Jambi Zumi Zola Membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang-RKPD) Pemprov Jambi tahun 2019. /

RADARJAMBI.CO.ID,- Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang-RKPD) Pemprov Jambi tahun 2019 mendatang fokus pada peningkatan pembangunan yang merata dan berdaya saing.

"Pemerataan di sini merupakan pemerataan pembangunan antarkelompok masyarakat, yaitu antara masyarakat yang kurang mampu dengan masyarakat yang relatif mampu, serta pemerataan pembangunan antar wilayah yang ada di Jambi," kata Gubernur Jambi Zumi Zola di Jambi, Kamis.(05/4/2018).

Zola saat membuka Musrenbang RKPD 2019 yang digelar di salah satu hotel di Jambi itu, mengatakan kebutuhan kabupaten/kota dan provinsi dalam pembangunan sangat banyak, dan sesuai dengan kebutuhan tersebut maka usulan juga pasti banyak.

Namun menurutnya, di tengah banyaknya kebutuhan tersebut, dalam Musrenbang harus tepat menetapkan skala prioritas.

Musrenbang RKPD Tahun 2019 yang diarahkan pada peningkatan pembangunan yang merata dan berdaya saing itu, mengacu pada isu strategis dan prioritas yang digariskan dalam RPJMD Provinsi Jambi Tahun 2016-2021 dan prioritas rencana kerja pemerintah tahun 2019 mendatang.

Dia menjelaskan, pemerataan pembangunan antarkelompok masyarakat akan diwujudkan dalam bentuk berbagai program yang bersifat afirmatif kepada kelompok masyarakat yang kurang mampu, agar dapat menikmati hasil pembangunan secara berkeadilan.

"Pembangunan yang berdaya saing, mencerminkan upaya kita bersama untuk terus memanfaatkan secara optimal sumber daya yang kita miliki, agar memacu aktivitas perekonomian daerah sebagai bagian dari upaya dalam memutus rantai kemiskinan," katanya menjelaskan.

Zola juga mengatakan, implementasi dari peningkatan pembangunan yang merata dan berdaya saing dituangkan ke dalam enam prioritas pembangunan daerah.

Yakni penguatan konektivitas antar wilayah melalui penyediaan infrastruktur yang berkualitas, peningkatan mutu sumber daya manusia melalui penyediaan pelayanan pendidikan dan kesehatan yang merata dan peningkatan nilai tambah ekonomi berbasis pertanian dan ekonomi kreatif.

Kemudian penguatan ketahanan pangan, pengelolaan energi dan sumber daya alam yang berkeadilan dan berwawasan lingkungan serta peningkatan mutu pelayanan publik melalui perbaikan tata kelola pemerintahan dan stabilitas tibumtranmas.

Sementara itu, Deputi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bidang Ekonomi, Dr Leonard VH Tampubolon mengatakan tema RKPD Jambi 2019 adalah pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan berkualitas.

Dan dalam mengupayakan pemerataan pembangunan memerlukan perbaikan yang signifikan di bidang infrastruktur, konektivitas dan ketersediaan energi.

"Program dan kegiatan dalam RKPD Jambi 2019 berorientasi pada upaya mengurangi kesenjangan antarkelompok pendapatan dan wilayah. Mengingat pentingnya RKPD ini, kebijakan "money follows" program tetap diterapkan seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Leonard.

Dia menyebutkan tema RKPD Jambi 2019 dijabarkan dalam lima prioritas nasional. Yakni pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar dan pengurangan kesenjangan antarwilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman.

Kemudian peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri serta pariwisata dan jasa produktif lainnya, pemantapan ketahanan energi pangan dan sumber daya air dan stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilu.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jambi juga memberikan piagam penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jambi yang dinilai memiliki kepatuhan tinggi terhadap pelayanan publik.

Peringkat 1 diberikan kepada Dinas Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMD-PPT), peringkat ke-2 Dinas Pehubungan, peringkat ke-3 Dinas PUPR dan peringkat ke-4 Dinas Perindag.

Penulis : Endang