KPU Muaro Jambi Siagakan Helpdesk Pendaftaran Caleg

Senin, 09 Juli 2018 - 14:51:33


KPU Kabupaten Muaro Jambi saat melakukan sosialisasi pendaftaran Caleg, baru-baru ini.
KPU Kabupaten Muaro Jambi saat melakukan sosialisasi pendaftaran Caleg, baru-baru ini. /

Radarjambi.co.id, SENGETI-Tim Helpdesk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muaro Jambi siap membantu Partai Politik (Parpol) yang memiliki kendala dalam melakukan upload data ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Bantuan ini akan diberikan pada masa pendaftaran bakal calon anggota legislatif DPRD Kabupaten Muaro Jambi pada Pemilu 2019.

''Tim helpdesk kita siap bantu. Ini sudah diinfokan ke Parpol saat sosialisasi pencalonan maupun Bimtek,'' kata Ketua KPU Kabupaten Muaro Jambi, Elfi Prasatia, SP kepada radarjambi.co.id Senin (9/7).

Dia menerangkan sejauh ini belum ada informasi terkait kendala-kendala yang dialami oleh Parpol terkait pendaftaran bacaleg.

''Kami belum dapat laporan maupun informasi. Mengapa sampai hari ini belum ada Parpol yg mendaftarkan calon anggota DPRD Kabupaten Muaro Jambi,'' terangnya.

''Yang jelas sejak dibuka pada 4 Juli 2018 kami selalu menunggu hingga hari keempat belas atau hari terakhir di Selasa, 17 Juli 2018,'' tambah Elfi.

Dia menegaskan sebelum mendaftarkan bakal calon anggota legislatifnya, Parpol harus menginput data-data maupub dokumen ke aplikasi Silon.

''Mereka (Parpol, red) harus upload atau unggah dulu ke Silon. Hingga hari ini belum ada yg melakukan upload data ke Silon,'' pungkasnya.

Sementara Itu, Petugas Penghubung Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Muaro Jambi, Kabul Budiono menyatakan jika partainya sedang mempersiapkan dokumen-dokumen Bacaleg.

''Kami maunya kelar dulu semua baru mendaftar. Sehingga clear. Karena masih ada beberapa caleg yg sedang proses memenuhi persyaratan administrasi kesehatan dan lainnya. Maka kita belum mendaftar,'' ujar pria yg akrab disapa Budi ini.

Disinggung soal aplikasi Silon, Budi menjawab aplikasi tersebut sangat baik & membantu.

''Saat uji coba sangat lancar & membantu serta tidak ada kendala dalam penggunaannya. Kita yakin nanti saat kita upload juga demikian,'' jawabnya. (ami)