Dukcapil Terus Galakkan Program Jemput Bola

Rabu, 14 November 2018 - 19:51:53


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id - SAROLANGUN - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sarolangun terus melakukan program ‘Jemput Bola’.


Yakni dengan mendatangi langsung masyarakat untuk melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di desa masing-masing.


Kadis Dukcapil Helmi, kepada harian ini kemarin mengatakan, beberapa hari terakhir pihaknya sudah melakukan perekeman KTP el disejumlah desa, seperti Desa Sungai Rotan, Mandiangin Tuo, Mentawak Ulu, Pulau Melako dan Rantau Gedang.


Selain itu juga akan melakukan perekaman di Desa Gurun Mudo, Sungai Abang dan desa-desa lainnya.ahan, 80 persen kita sudah melakukan perekaman. Bahkan di 39 desa yang melakukan Pilkades serentak kemarin, sebelum Pilkades perekaman sudah selesai, jadi Pilkades bisa berjalan lancar,’’ katanya.


Helmi mengatakan, setiap akan melakukan perekaman, pihaknya jauh-jauh hari sudah berkoordinasi dengan pemerintah desa.


Terutama untuk menentukan jadwal, dan pihak desa juga bisa mengumumkan kepada masyarakat jika di desa akan melakukan perekaman.


‘’Selama program jemput bola ini kita tidak menemui kendala yang berarti, paling hanya kendala personil yang terbatas dan lokasi yang jauh. Tapi itu semua dapat kita atasi. Selama kita punya niat yang tulus dalam bekerja, saya yakin pekerjaan akan selalu diberi kemudahan,’’ katanya penuh optimis.


Ketika ditanya sampai kapan akan melakukan program jemput bola tersebut, Helmi mengatakan akan dilakukan hingga akhir tahun nanti.


‘’Kalau berbicara soal perekaman KTP elektronik, tidak akan ada habisnya dan kita akan terus melakukan perekeman, karena setiap tahun penduduk bertambah dan usia penduduk bertambah dari anak-anak menjadi dewasa tentu saja wajib memiliki KTP,’’ jelasnya.


Dalam kesempatan itu Helmi juga mengingatkan betapa pentingnya dokumen adminstrasi kependudukan seperti halnya KTP dimiliki setiap warga.

Administrasi kependudukan merupakan rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penertiban dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi penduduk, serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.


Dikatakannya administrasi kependudukan ini bertujuan supaya masyarakat tertib administrasi yang mempunyai manfaat diantaranya memberikan kejelasan identitas dan status penduduk, kepastian hukum, perlindungan hukum dan kenyamanan bagi pemiliknya, serta memberikan manfaat bagi kepentingan administrasi dan pelayanan publik lainnya.

 

 

Reporter : Carles Rangkuti

Editor     : Ansori