Flyover Simpang Mayang Batal Realisasi Tahun 2018

Selasa, 20 November 2018 - 20:57:53


Pembangunan flyover di Simpang Mayang Kota Jambi
Pembangunan flyover di Simpang Mayang Kota Jambi /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Pembangunan flyover di Simpang Mayang Kota Jambi yang direncanakan tahun ini dibatalkan.


Namun Dinas Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi menyebutkan jika Proyek tidak dibatalkan namun ditunda pelaksanaannya.

"Untuk sementara ditunda dulu, banyak yang harus dipertimbangkan," ungkap Sekretaris Dinas PUPR Provinsi Jambi, Nasirwan,Selasa (20/11/2018).

Menurut Nasirwan, ada beberapa pertimbangan yang membuat pemerintah provinsi jambi menunda proyek ini. Pertama, karena permasalahan tender.

Menurutnya , meskipun ada pemenangnya tentu waktunya sudah terbatas.

"Sisa waktu tinggal sedikit, tidak mungkin lagi untuk ditender kalaupun ada pemenangnya nantinya tinggal berapa hari waktunya, padahal dia mengambil uang muka kan, dan bukan sedikit itu, nanti bagaimana pertangungjawabannya itu," terangnya.

Faktor lainnya adalah melonjaknya harga dollar. "Dulu waktu menghitung itu, cuma 12 ribu/dolar sekarang diatas Rp. 15 ribu. Nah kondisi itu, tidak siap kita, dan memang harus dipertimbangkan sehingga ditunda," jelasnya.

Sebelumnya kata Nasirwan, pihaknya mulai dari Inspektorat, Biro Hukum, Badan Keuangan Daerah (Bakeuda), PU dan Sekretaris Daerah (Sekda) sudah melakukan pertemuan untuk membahas hal ini.

"Walaupun kita sudah siap mentenderkan itu, dengan kesimpulan untuk ditunda," katanya.

Selain itu, untuk dampak lalu lintas pembangun flyover ini juga sudah dikaji dengan berkordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Jambi. Hanya saja, masih perlu pembahasan lebih lanjut.

"Artinya kalau diteruskan, kurang pas untuk ditenderkan tahun ini, terutama pada sisi pendanaan, dan terkesan terlalu tergesa-gesa, dan tidak efektif," jelasnya.

Meski demikian, belum ada kepastian kapa pembangunan Flyover ini akan dilaksanakan oleh Pemprov Jambi. "Itu dikaji lagi," pungkasnya.

Seperti diketahui pembangunan flyover ini sebelumnya yang diharapkan dapat mengurangi kemacetan di Kota Jambi.

Dapat diketahui untuk anggaran pembangunan flyover Simpang Mayang Kota Jambi ini tahap awal dananya dianggarkan sebesar Rp 43 miliar, dari total Rp 136 miliar, sisanya akan dialokasikan menggunakan anggaran 2019.

Dana proyek ini dialokasikan dalam dua tahun anggaran atau multy year.

Namun proyek yang sempat diwacanakan di masa HBA ini juga tertunda dan kembali dilanjutkan di zaman Zola.

Hanya saja, setelah dipastikan dianggarkan tahun ini, proyek kembali tidak bisa dilaksanakan.

 

 

Reporter : E Haryanto

Editor     : Ansori