Pemkab Akan Usul Penghapusan Aset Drainase

Kamis, 22 November 2018 - 20:28:01


Kondisi Pekerjaan Jalan Panutas Kualatungkal
Kondisi Pekerjaan Jalan Panutas Kualatungkal /

 

Radarjambi.co.id - KUALA TUNGKAL - Pembangunan Jalan di Kelurahan Patunas, tepatnya Jalan dari simpang SMAN 1 hingga ke simpang Gor Bulu Tangkis Patunas, menyasar terhadap aset berupa drainase disepanjang Jalan yang akan dilakukan pelebaran pihak pelaksana pekerjaan.


Sehubungan dengan hal itu Bagian Aset setda Tanjab Barat menyatakan, untuk drainase yang tertimbun tetap akan memperbaiki catatan yang ada dibagian Aset. Dan aset juga mengatakan nilai dari drainase yang tertimbun karena adanya pembangunan jalan akan ada hitung-hitungannya dengan istilahnya atribusi.

Seperti diungkapkan, Kabag Aset Setda Tanjab barat, Triyono melalui Alik Atiki, Kasubbid Penatausahaan menyebutkan, pada saat pembangunan drainase di Jalan Patunas, pekerjaannya tidak hanya dilokasi itu saja.

Namun, secara keseluruhan dalam Kuala Tungkal.

"Aset itukan dibuat sekeliling Tungkal. Jadi untuk penghapusan perlu adanya pengusulan," ungkap Alik diruang kerjanya.

Jadi nantinya untuk drainase yang terkena pembangunan jalan, akan tetap dihitung perpanjang, kemudian dihapus hanya sepanjang jalan itu saja.

" Nanti untuk hitungannya bisa saja pihak penilai menghitung dilokasi lain seperti di Jalan Sriwijaya yang ada drainase serupa sesuai dengan panjang drainse yang terkena pembangunan jalan. Dan item pekerjaan saat ini akan ditambahkan dengan pekerjaan drainase lama," jelas Alik.

Untuk mengetahui berapa nominal item pekrjaan drainase, nantinya pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanjabbar akan melaporkan nominal pekerjaan jalan patunas itu berapa.

"Tentunya dalam laporan itu ada nilai item drainase itu berapa. Nah nilai drainase itulah yang akan kita tambah dengan drainase lama, istilahnya atribusi namanya. Nilai perolehan dari drainase seperti pecahan beton itu tidak bisa kita jual. Kecuali berupa kosen atau barang lainnya," beber Alik lagi.

Alik juga menambahkan, pihak PUPR juga ada melakukan koordinasi terkait penghapusan aset. Namun itu tidak mungkin semata mata langsung dihapus begitu saja. Sebab item pekerjaan drainase bukan hanya di jalan patunas saja, tapi juga ada dibeberapa titik dalam kota Kuala Tungkal.

 

 

Reporter : Kenat

Editor     : Ansori