2019, Ribuan Bibit Buah-buahan untuk Petani

Minggu, 25 November 2018 - 20:14:24


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Pemerintah Kabupaten Batanghari pada tahun 2019 yang akan datang akan membagi-bagikan ribuan bibit buah-buahan bagi petani di Desa dalam wilayah Kabupaten Batanghari untuk memanfaatkan lahan yang tidak berfungsi.


Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Holtikultura pada dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Gusnel, dikatakannya pada tahun 2019 nanti pihaknya telah merencanakan anggaran untuk pengadaan bibit buah-buahan bagi petani di pedesaan.

"Iya tahun depan kita sudah merencanakan anggaran untuk biaya pengadaan bibit buah-buahan bagi para petani," ungkap Gusnel.

Dijelaskan Gusnel, bibit tersebut akan diserahkan kepada kelompok tani, dan petani perseorangan, adapun bibit yang diberikan tersebut yakni bibit tanaman buah sawo sebanyak 600 batang, bibit kelengkeng 800 batang, bibit durian 1.000 batang, bibit jeruk 5.000 batang, bibit buah naga 8.000 batang, bibit cabai merah 300 gram.

"Untuk bibit yang akan menjadi unggulan kita nantinya yakni bibit buah naga, rencana kita akan kita sebarkan di satu titik fokus dalam wilayah kecamatan muara Bulian," terang Gusnel.

Tidak hanya bibit buah-buahan pihaknya juga akan memberikan bantuan pupuk bagi para kelompok petani.

"Kita juga akan menyediakan pupuk untuk para kelompok petani, agar tanaman buah-buahan tersebut dapat menghasilkan produk kualitas yang baik,"harap Gusnel.

Program ini memakai anggaran sebanyak Rp 600 juta bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Batanghari tahun 2019.

Ditargetkan penyebaran bibit gratis dapat dituntaskan dan diserahkan kepada masyarakat kelompok tani.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Hilman