Tiga Dosen PBSI FKIP Unja Adakan Sosialisasi Penulisan Surat Resmi di SMAN 1 Muaro Jambi

Senin, 10 September 2018 - 19:12:14


Tiga dosen PBSI FKIP Universitas Jambi Saat Memberikan Materi Kepada Peserta Kegiatan yang Berlangsung di SMA Negeri 1 Muarojambi
Tiga dosen PBSI FKIP Universitas Jambi Saat Memberikan Materi Kepada Peserta Kegiatan yang Berlangsung di SMA Negeri 1 Muarojambi /

Radarjambi.co.id - MUARO JAMBI - Tiga dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi yakni Drs. Albertus Sinaga, Liza Septa Wilyanti, S.Pd., M.Pd, dan Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd melakukan sosialisasi penulisan dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan surat resmi di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Muaro Jambi. Sosialisasi ini merupakan wujud Tridarma Perguruan Tinggi Dosen, yaitu selain melakukan pembelajaran di kampus dosen juga diharus melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.


Melalui Ketua Pengabdian, Drs. Albertus Sinaga, M.Pd mengatakan bahwa sosialisasi terhadap penggunaan bahasa dan bentuk penulisan yang benar sangat lah penting. Khsusunya bagi bagi tenaga Tata Usaha (TU) di sekolah.

Dengan adanya perubahan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) ke Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) sehingga saat ini banyak yang mengalami kekeliruan dalam penulisan yang baku.

"Penulisan dengan menggunakan bahasa baku sangat diperuntunkan bagi kalangan akademik. Seperti penulisan surat resmi yang kita adakan ini," kata Drs. Albertus Sinaga, M.Pd, usai melaksanakan sosialisasi awal September lalu.

Dalam pelaksanaannya, antusias para peserta sangat lah baik. Beberapa pertanyaan muncul dari para peserta, baik mengenai tata bahasa, kalimat, hingga ejaan yang benar.

Senada juga dikatakan anggota Pengabdian Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd. Dirinya mengatakan bahwa sesuai dengan rencana bahan atau materi yang diberikan ke pada peserta dalam sosialisasi ternyata sangat tepat.

"Sosialisasi dilakukan dengan menampilkan beberapa slide dan contoh surat resmi yang benar berdasarkan PUEBI. Selain itu, kita juga memberikan hardcopy kepada peserta. Agar peserta bisa menjadi pedoman dalam menjalankan tugasnya (Pegawai Tata Usaha, red)," ungkapnya.

 

 

Reporter: Endang Haryanto





Sabtu, 02/07/2022 17:38:02

Dinamika Pembelajaran Jarak Jauh

Ditjen Perkebunan Akan Uji DNA Benih PSR
Sabtu, 02/07/2022 12:38:56
Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
Sabtu, 02/07/2022 12:12:55
Merayakan Kelulusan
Sabtu, 02/07/2022 12:04:10
Sistem Pendidikan di Indonesia
Sabtu, 02/07/2022 11:53:12