Zumi Zola Sampaikan Permintaan Maaf

Tangis Pecah Zola Kumandang Adzan Melepas Kepergian Sang Ayah

Kamis, 29 November 2018 - 17:52:36


Zumi Zola putra tertua Zulkifli Nurdin Mantan Gubernur Jambi dua periode hadir di pemakanan bersama  Istri almarhum H Ratu Munawaroh.
Zumi Zola putra tertua Zulkifli Nurdin Mantan Gubernur Jambi dua periode hadir di pemakanan bersama Istri almarhum H Ratu Munawaroh. /

RADARJAMBI.CO.ID,-Tetes air mata mengiringi kepergian mantan Gubernur Jambi dua periode H Zulkifli Nurdin biasa disapa Bang Zul.
Tampak ratusan masyarakat dan karabat memadati dimulai dari rumah duka yang berada di Kampung Manggis, Kelurahan Sungai Asam, Kecamatan Pasar Jambi, sampai mengantarkan dan menshalatkan jenazah Almarhum Zulkifli Nurdin di Masjid Nurdin Hasanah Sungai Kambang, setelah sholat Dzuhur jenazah langsung dibawa kepemakaman keluarga Sukarejo. kamis (29/11).

Dari pantauan Radarjambi.co.id, terlihat banyak tokoh jambi dan kerabat yang hadir diantaranya mantan Gubernur Jambi H.Hasan Basri Agus, Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis A.S dan Bupati Sarolangun Cek Endra, Syahrirsyah, Masnah dan Wakil Walikota Maulana, H Bakri, Sekda Provinsi Jambi M Dianto, keponakan almarhum Sum Indra, para keluarga dan pejabat lainnya.

Gubernur Jambi non aktif Zumi Zola turut menghadiri dan mengiringi prosesi pemakaman ayahnya Zulkifli Nurdin (70) di pemakaman keluarga di kawasan sukorejo thehok,kota jambi. Dengan stelan kemeja hitam dengan motif batik dan dengan mengenakan peci itu tampak turut mengiringi pemakaman ayahnya , saat menuju ke gerbang pemakaman.

Dalam prosesi pemakanan jenazah almarhum Zulkifli Nurdin dibawa dengan pasukan STPDN ke peristirahat terakhir. Zumi Zola tampak tegar dan menyalami sejumlah pelayat juga turut hadir dalam proses itu.

Bersama dua adik laki-lakinya, Zumi Zoftan dan Zumi Laza, Zola langsung masuk ke liang lahat untuk menyambut jenazah sang ayah. Zola juga sempat mengumandangkan azan sebelum liang lahat ditimbun.

Zulkifli Nurdin meninggal di Rumah Sakit pondok Indah, Jakarta kerena penyakit diabtes yang dideritanya dalam beberapa tahun terakhir. Kedatangan Zumi Zola dalam prosesi pemakanan ayahnya itu memang ditunggu oleh kerabat. Zola yang awalnya direncanakan tiba pukul 10.00 WIB, namun ia sedianya tiba di Jambi setlah dhuzur sekitar 13.0 WIB.

Zulkifli Nurdin meninggalkan istri Ratu Munawaroh yang pernah menjadi anggota DPR RI daerah pemilihan Jambi dan meninggalkan enam orang anak. Almarhum merupakan putra tertua dari pasangan H Nurdin Hamzah dan Hj Nurhasanah yang merupakan sosok pengusaha sukses dan segani di Provinsi Jambi.

Zumi Zola merupakan anak tertua mantan Gubernur dua periode Zulkifli Nurdin mewakili keluarga besar mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang turut hadir dalam pemakaman ayahnya.

Dirinya meminta kepada seluruh masyarakat agar memaafkan segala kesalahan almarhum semasa hidup. Dirinya berharap agar masyarakat juga mendoakan keluarganya agar tabah menghadapi cobaan.

"Saya sebagai anak tertua beliau memohon agar almarhum diterima disisi Allah SWT. Dan juga selayaknya manusia tidak ada manusia yang luput dari kesalahan. Mohon maaf apabila semasa hidup baik tutur kata dan tindakannya menyinggung perasaan agar dimaafkan. Dan juga doakan kami keluarga bisa tabah menghadapi ini,” ungkap Zola dengan suara yang bergetar menahan tangis.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M. Dianto mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mengungkapkan rasa kehilangan almarhum.

Selama kepemimpinan Zulkifli Nurdin pada 1999-2010, Dianto mengatakan banyak jasa, kerja keras serta kemajuan almarhum untuk masyarakat Provinsi Jambi. Maka darinya berharap agar keluarga almarhum diberikan ketabahan dan kekuatan sepeninggal almarhum.

“Kita mengharapkan semoga almarhum mendapatkan tempat yang layak disini ALLAH SWT. Karena beliau telah berbuat banyak bagi kemajuan masyarakat Provinsi Jambi ini,” ujar Sekda.

Hasan Basri Agus (HBA) Mantan Gubernur Jambi juga menyampaikan, begitu banyak kenangan ia bersama almarhum Zulkifli. Kepada saat itu yang masih saya ingat ketika menghadiri pelantikan saya sebagai Bupati Sarolangun di gedung DPRD dan sempat di ajak satu mobil dari Gedung DPRD, beliau mengatakan "Bersiap-siap untuk mengantikan saya nanti , saya tidak menyangka setelah itu memang benar saya menjadi Gubernur Jambi.

"Begitu juga masyarakat Jambi lainya sanggat kehilangan beliau semoga amal ibadah beliau diterima Allah S.W.T " ujarnya.(Endang)

 

BERIKUT CATATAN RIWAYAT HIDUP H. ZULKIFLI NURDIN

Nama : Zulkifli Nurdin

Tempat Tgl Lahir : Muara Sabak, Tanjabtim , 12 Juli 1948

Istri   : H Ratu Munawaroh

Anak  : Zumi Zola, Zumi Zoftan, Zumi Laza, Amalia Saslika Maharani, Amalia Azra Maharani, Zumisha Nudia Zaquita.

Ayah  :   H Nurdin Hamzah

Ibu    : Hj Nurhasannah

 

Riwayat Pendidikan


1. Sekolah Rakyat (Taman Budaya) tamat 1961

2. SMP Negeri 1 Jambi tamat (1964)

3. SMA Negeri 2 Jambi  tamat 1967

4. Fakultas Ekonomi UI (sarjana muda) 1970

5. Fakultas Ekonomi S1 Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya

 

Pengalaman Kerja:

 -Wakil Kepala Cabang PT Nurdin Hamzah, Jakarta (1968-1978)

-Kepala Cabang PT Nurdin Hamzah, Jakarta (1973-1978)

-Kepala Cabang PT Nurdin Hamzah, Surabaya (1978-1982)

-Direktur Utama PT Nurdin Hamzah, Jakarta (1982-1990)

-Direktur Utama PT Indowana Citra Persada, Tangerang (1990-1996)

-Direktur Utama PT Gemilang Jambi Development,
-Direktur Utama PT Dinza Jaya Putra, Jakarta

-Direktur Utama sejumlah Bank Perkreditan Rakyat (BPR), di Jambi

-Ketua Tim Promosi Daerah ke Luar Negeri (1996-2000)

Karir Politik:


-Bendahara DPD Golkar Jambi, 1996

-Ketua DPW PAN Jambi (dua periode)

-Anggota DPR RI, 1998

-Gubernur Jambi, 1999-2004

Kegiatan Organisasi Profesi/Kemasyarakatan

-Ketua APEGTI Jambi (1985-1990)

-Ketua Puskud Jambi

-Katua Kadinda Jambi (1990-1995 dan 1995-2000)
-Ketua KONI Jambi

-Ketua PB Persani

-Wakil Presiden SEAGCON di Kuala Lumpur

-Ketua Penyantun Madrasah Nurdin Hasanah

-Ketua Perkumpulan Mesjid Nurdin Hasanah

-Ketua Perkumpulan Alumni SMA Negeri Jambi di Jakarta (1990-1992)

-Ketua Persatuan Mahasiswa Jambi dan Kerinci di Jakarta (1968-1976)

Tanda Penghargaan:


- Ketahanan Pangan Tingkat Nasional dari Presiden RI

- Satya Lencana Wirakarya Bidang Pertanian

- Satya Lencana Wirakarya Program Keluarga Berencana

- Aditya Karya Mahadva Yudha Utama Pembina Terbaik Karang Taruna

- Traditional Society Award sebagai Keberhasilan Membina Suku Anak Dalam dari KOPSAD

- Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara atas Keberhasilan Jambi Meningkatkan Kinerja Aparatur

- Lencana Melati Presiden Megawati Soekarno Putri atas pembinaan Kepramukaan.

(Dari berbagai sumber, wikipedia, silsilah riwayat hidup)