Empat Desa Diwacanakan Sentra Kebun Buah Naga

Minggu, 02 Desember 2018 - 20:27:38


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Batanghari rencananya akan menjadikan empat desa dalam Kecamatan Muara Bulian sebagai sentra kebun buah naga.

Kepala Bidang Hortikultura, Dinas TPH Batanghari Gusnel Hadi mengatakan, bantuan bibit buah naga akan dibagikan kepada kelompok tani empat desa tersebut 2019 mendatang.

"Empat desa bakal sentra kebun buah naga ini yaitu Desa Olak, Desa Muaro Singoan, Desa Aro dan Desa Sungai Baung," ungkap Gusnel kepada wartawan Minggu (2/12).

Bibit buah naga nantinya akan ditanam dengan memanfaatkan lahan kosong masyarakat desa. Anggaran pengadaan bibit telah diusulkan dalam APBD Batanghari 2019.

"Bibit buah naga 8000 batang akan diserahkan kepada kelompok tani dan petani perseorangan," ujarnya.

Tak hanya bibit buah naga, Dinas TPH Batanghari juga akan memberikan bantuan bibit buah-buahan lain. Diantaranya bibit buah sawo 600 batang, bibit kelengkeng 800 batang, bibit durian 1.000 batang, bibit jeruk 5.000 batang dan bibit cabai merah 300 gram.

"Dari ragam bibit buah-buahan bantuan Dinas TPH Batanghari, bibit buah naga menjadi program unggulan," terangnya.

Gusnel memaparkan, petani tidak usah risau pasca pemberian bantuan bibit buah naga dan bibit buah-buahan lainya. Sebab dinas akan memberikan bantuan pupuk bagi para kelompok tani.

"Kita juga akan menyediakan pupuk untuk para kelompok petani, agar tanaman buah-buahan tersebut dapat menghasilkan produk kualitas yang baik," tegasnya.

Program bantuan bibit buah-buahan menelan dana sekitar Rp.600 juta bersumber dari APBD Batanghari 2019. Program ini diharapkan mampu menjadikan Kabupaten Batanghari sebagai salah satu daerah penyuplai buah-buahan dalam wilayah Provinsi Jambi.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori