Realisasi Dana Kelurahan Diperkirakan Rp. 350 juta

Senin, 21 Januari 2019 - 20:32:10


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - SAROLANGUN - Kabar gembira bagi kelurahan yang ada di Kabupaten Sarolangun, sebab tahun ini kabarnya akan ada kucuran dana kelurahan dari Pemerintah Pusat, seperti program dana desa yang mencapai 1 miliar perdesa.

Tak hanya itu saja, para lurah juga akan dapat insentif dari pengelolaan dana tersebut yang juga sama dengan para kepala desa mendapatkan insentif atau bisa dikatakan biaya operasional dari besaran dana yang dikelola.

"Dana kelurahan ini sama dengan dana desa pada tahun 2019 dan para kades serta lurah dapat insentif berupa biaya operasional dari pengelolaan dana tersebut. Namun saya minta adminitrasi keuangan sudah online baik siskeudes maupun pelaporan keuangan lainnya," kata Bupati Cek Endra, belum lama ini.

Selain itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Mulyadi, mengatakan bahwa kabar akan adanya kucuran dana kelurahan ini memang benar adanya, hanya saja pihaknya belum mendapatkan petunjuk dari pusat.

Katanya, besaran dana ini antara Rp 300 juta hingga Rp 350 juta sesuai dengan penghitungan yang ditetapkan.

"Kita masih menunggu petunjuk dari kemendes, sehingga kita belum bisa berikan komentar. Tapi informasi yang kita dapat antara 300 sampai 350 juta perkelurauan, dan besaran biaya operasional 5 % atau 10 % ini belum ada informasi yang valid," katanya.

Terpisah Kepala BPKAD, Emalia Sari, saat dikonfirmasi belum lama ini mengatakan bahwa mengenai kucuran dana kelurahan ini, pihaknya juga belum ada menerima petunjuk secara resmi dari pusat biasanya.

"Menunggu petunjuk dari pusat mengenai dana kelurahan ini, karena belum ada pemberitahuan resmi secara tertulis dan nanti ditetapkan juga sesuai dengan sk bupati seperti dana desa sekian sekian, mengenai penetapan besaran dana kelurahan ini, melalui surat resmi,"tandasnya.

 

 

Reporter : C. Rangkuti

Editor     : Ansori