Polda Siapkan 989 Personil Amankan Kedatangan Sandi Ke Jambi

Rabu, 23 Januari 2019 - 21:19:05


Rapat Persiapan Keamanan Kedatangan Sandi  ke Jambi
Rapat Persiapan Keamanan Kedatangan Sandi ke Jambi /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Polda Jambi menyiapkan 989 personil untuk mengawal Sandi Uno, calon wakil presiden nomor urut 02, selama kunjungan di Jambi.

Masing-masing dari Polda Jambi sebanyak 423 personil, Polresta Jambi sebanyak 253 personil, dan Polres Muarojambi sebanyak 313 personil.

Direktur Pengamanan Objek Vital (Dirpam Obvit) Polda Jambi Kombes Herman Is menyatakan, jajaran Polda Jambi sudah siap mengamankan kedatangan Sandi ke Jambi.

“Kita siap. Kita ingin kunjungan ini lancar dan tertib. Kita tidak mau kecolongan. Siapa saja mimpin negara ini silakan, bagi kita yang penting aman dan tertib,” ujar Herman di hadapan peserta rapat.

Herman berharap kerja sama semua pihak termasuk jajaran relawan RSI Jambi.

“Kita berharap kerja sama yang baik, sehingga kegiatan ini lancar dan tertib,” ujar Herman, yang ikut membawa sekitar 14 orang personil dalam rapat koordinasi.

Menurut Herman ada beberapa tim objek vital yang sudah sangat terlatih, seperti reserse, intel, tim pengawal lalu lintas dan pengawalan di perjalanan.

“Kita sudah dua kali dilatih di Jakarta, begitu juga tim kita disini juga sudah terlatih. Jadi ada beberapa lapis,” ujarnya.

Kabag Ops Polda Jambi AKBP Heru WJ mengaku secara teknis sudah siap melakukan pengamanan terhadap kunjungan Sandi Uno. Untuk pengamanan, kata Heru, pihaknya menyiapkan sebanyak 989 personil. Masing-masing Polda sebanyak 423 personil, Polresta sebanyak 253 personil, dan Polres Muarojambi sebanyak 313 personil.

Menurut Heru, ini pertama kali kegiatan capres-cawapres melakukan kegiatan di Jambi. Menurut dia, dalam agenda yang sudah tercatat sebanyak 102 kegiatan capres-cawapres yang berlangsung mulai 2 Januari sampai 15 April 2019.

“Kita tidak melihat siapa yang hadir, tapi semua kandidat, kita set-kan di lapangan akan dimatangkan dan akan kita kawal, kita amankan,” ujar Heru.

Heru berharap jadwal dan kegiatan yang sudah direncanakan tidak berubah lagi. Sebab, kata dia, secara teknis untuk keamanan kendaraan konvoi harus dikoordinasikan karena akan disterilisasikan.

“Nanti kendaraan yang disiapkan akan di standby di Polda. Jadi mohon semua personil yang terlibat dalam kegiatan sudah berada di lokasi,” terangnya.

Sekretaris Rumah Sandi Uno (RSI) Provinsi Jambi Ika Sonizar menyatakan, semua persiapan sudah dilakukan, termasuk jadwal dan agenda kegiatan Sandi selama di Jambi.

Menurut Ika, selama di Jambi Sandi membawa rombongan sebanyak delapan orang dari Jakarta.

Sedangkan untuk di Jambi, RSI Jambi menyiapkan sebanyak lima orang yang selalu mendamping Sandi selama di Jambi.

Dari Jambi, RSI menyiapkan Ketua Dewan Penasihat RSI Jambi H Muradi Darmansyah, Ketua Dewan Pembina RSI Jambi Ritas Mairiyanto, Ketua RSI Jambi Ardiansyah pendampi, dan Sekretaris RSI Jambi Ika Sonizar.

Ketua Dewan Pembina Rumah Sandi Uno Provinsi Jambi (RSI) Ritas Mairiyanto. Ritas memaparkan jadwal dan kegiatan sesuai dengan yang sudah dirilis sebelumnya LINK BERITA dan hanya beberapa perubahan saja terutama mengenai durasi dalam perjalanan antara satu tempat kegiatan dengan kegiatan yang lain.

“Kegiatan di Muhajirin kita tidak mengerahkan masa tetapi bersifat natural saja, masyarakat petani karet yang datang sendiri,” ujar Ritas dihadapan serta rapat koordinasi.

Ritas berharap kerja sama pihak terkait yakni Polda Jambi soal pengamanan mulai dari bandara hingga selesai.

“Di pelataran KONI ada dialog dengan tokoh, relawan, emak-emak, relawan-relawan, menyapa ojek online, driver online dan kalangan mahasiswa,” ujar Ritas lagi.

Menurut Ritas berbagai persiapan sudah dilakukan, termasuk persiapan panitia dan izin dari pihak kepolisian yang akan disampaikan ke Bawaslu.

“Surat izin tempat Inshaa Allah sudah kita urus semua. Hari ini kita adakan rakor guna mematangkan persiapan kedatangan Bang Sandi,” ujar Ritas.

Rita juga menyampaikan persiapan kegiatan di GV Garden Pall Merah.

“Di GV Garden ada sekitar 2000 orang masyarakat mulai dari enterpreneur, kamar dagang (kadin), Himpungan Pengusaha Muda (HIPMI), santri, dan mahasiswa,” ujar Ritas caleg DPRD Provinsi Jambi dapil Kota Jambi Nomor Urut 5 dari Partai Gerindra ini.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori