KPU Indikasikan Ribuan DPT Ganda di Kerinci

Minggu, 27 Januari 2019 - 20:49:00


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - KERINCI - Meskipun Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) 2 telah ditetapkan dan telah diumumkan, namun di Kerinci masih diindikasikan ribuan DPT Ganda. Data yang diterima indikasi pemilih ganda yang didapat dari KPU Kerinci, setelah penetapan DPTHP 2 mencapai 4 ribuan. Hal ini diungkapkan Komisioner KPU Kerinci, Afdal.

Dia menyebutkan, hasil monitoring dan evaluasi penyelenggara, ditemukan ada indikasi ribuan kegandaan terhadap DPTHP 2.

"Sudah kita melakukan percematan dan data-data tersebut itu sudah kita pilah-pilah, dan datanya sudah kita laporkan kepada KPU Provinsi," ungkapnya.

Berkaitan dengan verifikasi ulang, Afdal menyebutkan, masih menunggu instruksi KPU RI. Pasalnya, proses tahapan pencoretan sudah selesai.

"Tahapan pencoretan sudah tidak ada lagi, maka kita menunggu KPU RI. Kalau KPU RI mempersilahkan untuk melakukan pencoretan kita akan coret nantinya. Tapi tidak menutup kemungkinan ada DPTHP 3 menjelang hari pemilihan nantinya," sebutnya.

Terkait jumlah indikasi mata pilih ganda, Afdal mengungkapkan, dari hasil pencermatan pihaknya, sekitar 4 ribuan, namun hal tersebut masih dalam indikasi.

"Misalnya kegandaannya namanya sama, tempat tanggal lahir sama NIK-nya berbeda, bisa jadi orangnya berbeda. Tapi untuk kebenaranya dibutuhkan verifikasi turun kelapangan, itu sedang kita tunggu dari KPU RI," tandasnya.

 

 

Reporter : Soni

Editor     : Ansori