Kominfo Himbau Pengguna Medsos Bijak Untuk Menangkal Berita Hoax

Selasa, 26 Februari 2019 - 21:02:37


Ilustrasi
Ilustrasi /

 

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Masyarakat pengguna media sosial dihimbau untuk tetap bijak dalam mensharing berita ataupun informasi yang belum jelas kebenarannya, Hal ini penting terutama di tahun politik saat ini.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi Nurachmat Herlambang menyebutkan, pentingnya menahan diri sebelum menyebar luaskan berita yang didapat dengan mempelajarinya terlebih dahulu. 

"Saat ini memang tidak mudah membedakan berita benar dengan hoax (bohong) sehingga perlu menahan diri,"terang Nurachmat.

Perihal Pesta Demokrasi yang akan berlangsung April mendatang, dirinya mengajak pengguna media sosial agar dapat menghindari penyebaraluasan informasi yang justru merugikan para calon ataupun Paslon. 

"Masing-masing pasangan calon baik Presiden ataupun Legislatif ingin menampilkan keunggulannya kepada masyarakat sehingga jangan sampai yang kita tangkap malah keburukan atau berita-berita tidak benar tetang mereka,"lanjutnya.

Untuk itu, tambah Kadis Kominfo Provinsi Jambi tersebut, peran serta Relawan Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (TIK) wilayah Jambi yang baru dikukuhkan kemarin lalu oleh Gubernur Jambi juga dapat membantu mensosialisasikan serta mendampingi masyarakat bagaimana pemanfaatan TIK yang benar dan terhindar dari konten-konten yang bermuatan negative.

"Untuk itu, khsusnya masyrakat Provinsi Jambi untuk hati-hati dan bijak melihat pemberitaan, banyak contoh kasus penyebaran berita Hoax sampai ke ranah hukum,"tukasnya.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori