Pembangunan Fly Over Simpang Mayang Akan Dilimpahkan ke Pusat

Rabu, 27 Februari 2019 - 21:02:46


Lokasi Pembangunan Fly Over Simpang Mayang Jambi
Lokasi Pembangunan Fly Over Simpang Mayang Jambi /

 

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Besarnya anggaran pembangunan fly over di Jalan Simpang Mayang Kota Jambi, membuat pemerintah Provinsi Jambi berencana akan melimpahkannya ke Pemerintah Pusat.

Saat ini Dinas PUPR Provinsi Jambi tengah pelakukan penjajakan dan mengkaji ulang detail engineering disign (DED) yang ada.

"Masih rencana kita, tapi belum kita limpahkan ke pemerintah pusat. Anggaran kita tidak cukup, karena menyedot anggaran cukup besar, sedangkan kita memultiyerkan. Selain itu terkendala oleh masa jabatan pak gubernur,” kata Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi.

Menurut Fauzi, pembangunan flyover Simpang Mayang direncanakan akan dilimpahkan ke pemerintah pusat.

Pasalnya, pembangunan flyover tersebut memakan anggaran yang cukup besar. Dan APBD Provinsi Jambi sendiri tidak cukup untuk membangunnya.

Jadi salah satu solusinya, kata Fauzi, untuk membangun flyover tersebut pemerintah Provinsi Jambi akan berkoordinasi kembali dengan pemerintah pusat untuk membangun flyover di Simpang Mayang.

"Kita akan menyiapkan segala sesuatunya, seperti kita membebaskan lahannya terlebih dulu, apabila semuanya selesai kita akan limpahkan kepada pemerintah pusat,” tambah Fauzi.

Seiring berkembangnya Kota Jambi saat ini, menurutnya, sudah diperlukan pembangunan jembatan layang untuk mengurai kemacetan.

"Saya kira untuk titik tertentu yang rawan kemacetan perlu dibangun. Alasannya untuk mengatasi terjadinya kemacetan arus lalulintas,” imbuh Fauzi.

Pembangun flyover tersebut sebenarnya sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu. Namun, pembangunannya terkendala beberapa faktor, terutama pembebasan lahan.

Flyover ini merupakan yang pertama akan dibangun di Jambi, pembangunannya dengan multiyers. 

Bila ini terbangun, maka flyover tersebut akan menghubungkan ruas jalan Simpang Tugu Juang sampai Simpang STM Atas.

Jalan layang sepanjang sekitar 800 meter tersebut akan dibantu dengan dua jalur. Nantinya, pengguna jalan baik dari Tugu Juang dan STM Atas, tidak perlu tertahan di lampu merah Simpang Mayang lagi, hal itu dinilai dapat mengurai kemacetan yang kerap terjadi di simpang Mayang.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori