Dalam Dua Bulan, 14 Orang Meninggal Tenggelam

Kamis, 28 Februari 2019 - 22:07:24


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - JAMBI - Jumlah korban yang meninggal dunua akibat tenggelam di sungai selama dua bulan terakhir ini sudah mencapai 14 korban jiwa yang tersebar di beberapa kabupaten yang dialiri Sungai Batanghari, Provinsi Jambi.

Kepala Basarnas Provinsi Jambi, Ibnu Harris Al Husasain melalui Humas M Mujahid di Jambi, Kamis mengatakan, sejak Januari hingga Februari 2019, jumlah korban yang meninggal dunia akibat tenggelam di sungai mencapai 14 orang.

Dimana kejadian yang paling banyak pada Januari tercatat ada delapan korban jiwa dan enam korban jiwa pada Februari.

Laporan dari beberapa perwakilan kantor Basarnas yang ada di kabupaten dan kota di Provinsi Jambi, selama dua bulan terakhir ini ada 18 kali kejadian.

Dimana pada Januari lalu tercatat 10 kejadian atau musibah dengan jumlah korban delapan orang meninggal dunia yang sebagai besar adalah korban tenggelam di sungai.

Pada Januari 2019, Basarnas Jambi mencatat ada 10 kali kejadian atau musibah yang mana pertama tim Basarnas berhasil menyelamatkan dua orang pendaki gunung Kerinci yang tersesat akibat cuaca ekstrim di Gunung Kerinci akhirnya bisa diselamatkan sehingga tidak ada korban jiwa.

Kemudian kejadian di Bangko, Kabupaten Merangin ada dua orang korban meninggal dunia akibat tenggelam di sungai.

Kejadian selanjutnya banjir di Kota Jambi dimana tim Basarnas turun membantu melakukan evakuasi di beberapa lokasi namun tidak ada korban jiwa, di Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat juga ada satu korban jiwa yang tenggelam akibat terpeleset dari atas kapal.

Kemudian di Kabupaten Tebo ada tiga orang tenggelam dan meninggal dunia diwaktu yang berbeda.

"Kemudian lagi di Kabupaten Bungo dan Batanghari masing-masing juga ada korban tenggelam yang meninggal dunia di Sungai Batanghari, dan semua korban tenggelam ditemukan dalam keadaan meninggal dunia oleh tim Basarnas yang dibantu polisi dan TNI serta masyarakat setempat dalam pencari sampai beberapa hari pasca kejadian," kata M Mujahid.

Pada Februari, kantor Basarnas Jambi juga mencatat ada delapan kejiadian yang pertama korban tenggelam di Bungo ada satu korban meninggal dunia, di Kabupaten Merangin ada tiga orang korban dimana dua orang meninggal dunia dan satu korban sampai saat ini masih dicari oleh tim yang sedang menelusuri lokadi kejadian di aliran sungai.

Di Kabupaten Sarolangun dan Batanghari dan Kerinsi masing-masing ada satu orang korban tenggelam yang ditemukan semuanya sudah meninggal dunia.

Selain itu tim Basarnas Jambi juga sempat siaga untuk membantu jika ada musibah atau kejadian pada akhir pekan kemarin. 

Dimana pesawat asal Malaysia tujuan Jakarta - Kuala Lumpur, Malaysia terpaksa mendarat darurat untuk melakukan perbaikan yang kemudian kembali terbang tanpa ada korban.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori