Jonan Resmikan Gardu Induk dan Jalur Transmisi PLN Untuk Perkuat Kelistrikan di Sarolangun

Minggu, 03 Maret 2019 - 23:42:52


Menteri ESDM RI, Ignasius Jonan ketika berada di GI 150 kV Sarolangun, Minggu (3/3), sore.
Menteri ESDM RI, Ignasius Jonan ketika berada di GI 150 kV Sarolangun, Minggu (3/3), sore. /

Radarjambi.co.id-SAROLANGUN- Gardu Induk (GI) 150 kV Sarolangun dan Transmisi 150 kV Muara Bulian–Sarolangun kini mulai dioperasikan oleh PT PLN (Persero). Hal ini ditandai dengan dilakukan peresmian dua proyek Ketenagalistrikan tersebut pada Minggu (03/03), kemarin sore oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Ignatius Jonan di Kabupaten Sarolangun di Desa Tanjung Rambai.

Peresmian ini juga dihadiri langsung oleh Gubernur Jambi Fahrori Umar dan Bupati Sarolangun H Cek Endra yang juga ikut memberikan kata sambutan, serta dihadiri oleh Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana, Plt Komisaris Utama PT. PLN (Persero) Ilya Avianti, Direktur Bisnis PT. PLN (Persero) Regional Sumatera, dan jajaran Kementerian ESDM.

“Ini merupakan bagian dari pembagunan sistem kelistrik Trans-Sumatera dan mudahan-mudahan sebelum akhir tahun ini selesai, sehingga apa yang dinikmati seperti di Sumatera Selatan, Lampung dan daerah lainya akan sama semuanya,” kata Jonan saat memberikan sambuatan pada acara peresmian itu.   

Terpisah, dalam sambutannya Gubernur Jambi Fahrori Umar juga menyambut baik atas peresmian oroyek ketenagalistrikan di Provinsi Jambi. Ia berharap dengan beroperasi proyek ini dapat meningkatkan capain Rasio Elektrifikasi (RE) di Provinsi Jambi dan memenuhi target Rasio Nasional. Selain itu, yang terpenting adalah keandalan dan kualitas pasokan listrik yang dapat dinikmati oleh masyarakat Sarolangun dan daerah  di sekitarnya.

“Beroperasinya GI 150 kV Sarolangun dan Saluran Transmisi Muara Bulian-Sarolangun-Bangko dan Sungai Penuh ini sekaligus untuk menopang kebutuhan daya listrik yang terus meningkat di Provinsi Jambi. Khusunya industri jasa dan perdangan yang terus meningkat", ungkap Fahrori.

Sementara itu, Bupati Sarolangun H Cek Endra juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri ESDM dan PLN. Menurutnya selama ini masyarakat Sarolangun sudah menunggu selama 11 tahun kehadiran GI tersebut. 

"Sudah sebelas tahun kami menunggu kehadiran Pak Menteri ESDM meresmikan GI 150 KV, tentu saja pasokan listrik di Kabupaten Sarolangun menjadi normal. Selama ini, aliran listrik berasal dari GI Merangin, terkadang voltase sampai di Sarolangun sudah kecil," jelasnya.

Dirinya berharap bahwa pengoperasian proyek ini akan meningkatkan minat investor untuk berinvestasi di daerah Sarolangun. Dengan demikian akan mendorong lajunya roda perekonomian dan bisnis, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penulis : Charles Rangkuti