CE Dorong Pariwisata Sumbang PAD

Selasa, 12 Maret 2019 - 20:30:01


Cek Hendra
Cek Hendra /

Radarjambi.co.id - SAROLANGUN - Bupati Sarolangun H Cek Endra berharap sektor pariwisata di Kabupaten Sarolangun bisa menjadi sumber baru penymbang pendapatan asli daerah (PAD).

‘’Saat ini lagi trend di bidang pariwisata, dan sejumlah desa di Kabupaten Sarolangun saat ini berlomba-lomba menggarap potensi wisata di desa maing-masing,’’ kata Bupati, saat menghadiri Forum Konsultasi Publik Perencanaan Pembangunan Daerah di Aula Bappeda, Selasa (12/3).

Menurut Bupati, untuk mewujudkan bidang pariwisata sebagai penyumbang PAD bagi Kabupaten Sarolangun butuh proses, tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Banyak hal yang harus dibenahi, salah satunya infrastruktur dasar seperti jalan.

Kalau soal potensi pariwisata, menurut Bupati dua periode ini, Kabupaten Sarolangun menyimpan potensi wisata yang sangat luar bisa.

Hanya saja selama ini belum dikenal dan butuh promosi yang berkelanjutan.

Cek Endra mencontohkan, salah satu potensi Kabupaten Sarolangun adalah wisata kuliner kopi.

Diceritakannya, dirinya pernah mampir disalah satu cafe ternama di Jakarta yang menyediakan aneka kopi daeri berbagai daerah dan negera. Menu favorit di cafe tersebut adalah kopi Kerinci.

‘’Padahal kopi Kerinci itu, sama persis dengan kopi kita yang ada di Batang Asai, hanya saja kita kurang promosi, ini menjadi tantangan bagi Dinas Pariwisata dan Perindagkop dan dinas terkait lainnya untuk lebih mengenalkan kopi Batang Asai ke masyarakat luar,’’ katanya.

Menurut Bupati, salah satu cara untuk mengenalkan kopi adalah dengan mengikuti Festival Kopi yang sering diadakan diberbagai tempat.

‘’Kita belum pernah ikuti Festival Kopi, saya minta kepada dinas terkait kalau ada festival kopi, untuk mengingutkan kopi-kopi asli Sarolangun dalam festival itu,’’ jelas Cek Endra.

 

 

Reporter : C. Rangkuti

Editor     : Ansori