53 Desa di Sarolangun Akan Ikut Pilkades Serentak

Senin, 18 Maret 2019 - 20:15:20


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - SAROLANGUN - Tercatat sebanyak 53 Desa yang ada dalam wilayah Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada bulan April 2020 nanti.

"Yang ikut Pilkades ini Kepala Desanya Yang habis masa jabatan mulai sekitar bulan Februari tahun ini. Sekarang yang habis itu akan kita tunjuk Pjs Kades nya," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sarolangun, Mulyadi, Senin (18/3).

Ia mengatakan, 53 Desa yang akan ikut Pilkades serentak itu tersebar di sepuluh Kecamatan yang ada di daerah itu, dengan pelaksanaan memakai sistem E-Voting.

"Yang paling banyak itu di Kecamatan Mandiangin, yaitu 13 Desa dan yang paling sedikit Kecamatan Batang Asai dan Pelawan, masing - masing satu Desa. Sistem pelaksanaannya masih dengan sistem E-Voting," katanya.

Dipaparkan Mulyadi, sistem E-voting ini menjadi yang kedua dilaksanakannya Pilkades serentak nanti, yang mana tahap pertama dilaksanakan pada Juli - Agustus tahun 2018 yang lalu.

"Mengingat keterbatasan alat, kita akan laksanakan secara bertahap seperti sebelumnya, tidak bisa dilaksanakan serentak keseluruhannya mengingat keterbatasan peralatan yang kita miliki," ujarnya.

Sementara itu, ia menjelaskan untuk Desa yang akan habis masa jabatan itu pihaknya menunjuk pejabat sementara (Pjs) di setiap desa, yang mana pejabatnya berasal Kecamatan masing-masing.

"Pjs Kades berasal dari kecamatan masing-masing mengusulkan kepada kita. Harus PNS minimal golongan IIc," kata Mulyadi.

 

 

Reporter : C. Rangkuti

Editor     : Ansori