Cuaca Tak Menentu, Nelayan Takut Turun ke Danau

Rabu, 20 Maret 2019 - 20:00:29


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - KERINCI - Kondisi cuaca yang tak menentu dalam beberapa hari ini, membuat sejumlah nelayan di sekitae danau Kerinci terpaksa tidak turun mencari ikan.

Informasi yang diterima dalam beberapa hari ini, kondisi air danau Kerinci tidak menentu, bahkan ombak besar seringkali terjadi di Danau Kerinci.

"Ya, kita tidak tidak lagi serutin biasa turun ke Danau Kerinci mencari ikan, karena kondisi ombak yang begitu besar,"ungkap Lan, salah seorang nelayan.

Selain mengancam keselamatan nelayan, lanjutnya ombak besar yang terjadi di Danau Kerinci juga berdampak buruk pada hasil tangkapan para nelayan.

"Kebanyakan kita memasang jaring apung dan pesat, kalau kondisi air berombak secara otomatis jaring yang berada dibawah air menjadi tergulung," sebutnya.

Sementara itu, atas kondisi tersebut, Kepala BMKG Kerinci, Jon Haides menjelaskan bahwa secara umum kondisi cuaca di Provinsi Jambi berpeluang mengalami hujan dengan kategori menengah 51 -150 mm/das, dengan peluang lebih 90 persen terjadi di Kerinci dan sekitarnya.

"Untuk Kerinci hujan di Kerinci terjadi siang dan malam, cukup mempengaruhi kondisi angin. Namun menurutnya kondisi angin tidak begitu besar di Kerinci, berbeda dengan angin laut,"jelasnya.

 

 

Reporter : Soni

Editor     : Ansori