2019, Disnaketran Batanghari Keluarkan 417 Kartu Kuning

Selasa, 19 Maret 2019 - 20:57:42


Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Batanghari Fahrizal
Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Batanghari Fahrizal /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Pengurusan kartu pencari kerja atau yang biasa disebut dengan kartu kuning terus mengalami penurunan dari bulan ke bulan di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Batanghari.

Berdasarkan rilis data dari Disnakertrans Kabupaten Batanghari, terhitung Januari sampai 14 Maret Tahun 2019, sedikitnya ada 417 pencari kerja oleh masyarakat Kabupaten Batanghari. 

Hal ini diungkapkan Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Batanghari Fahrizal, mengatakan untuk awal tahun 2019 ini pihaknya sudah mengeluarkan ratusan kartu angkatan kerja (AK1).

"Berdasarkan data kami, dari Januari hingga 14 Maret sedikitnya ada 417 pencari kerja, hal ini dilihat dari kartu AK1 yang kami keluarkan,"ungkap Ijal.

Fahrizal menambahkan untuk ditahun 2019 ini jumlah angkatan kerja pada bulan januari laki laki sebanyak 128 orang,154 orang perempuan, sedangkan bulan February 61 orang laki-laki, 36 orang perempuan, dan bulan Maret 27 orang laki-laki, dan 11orang perempuan.

"Untuk dibulan Januari ini terbanyak karena adanya lowongan CPNS,"beber Ijal.

Sedangkan untuk tahun 2018 lalu Disnakertrans mengeluarkan kartu angkatan kerja (AK1) sebanyak 1.780 kartu kuning dengan rincian sebanyak 1.118 orang laki-laki dan 662 orang perempuan.

Kemudian untuk para pencari kerja dikabupaten batanghari saat ini masih didominasi oleh lulusan SMA sederajat dibandingkan sarjana.

"Pencari kerja masih di dominasi oleh lulusan SMA sederajat, untuk tahun 2018 lalu lulusan SMA laki laki sebanyak 730 orang, dan 342 orang perempuan,"jelas Ijal.

Kemudian Sekretaris Disnakertrans Kabupaten Batanghari menghimbau kepada semua perusahaan dalam wilayah Kabupaten Batanghari untuk dapat melakukan kerjasama yang baik, dalam artian perusahaan harus membayar upah minimum provinsi (UMP) bagi karyawan, kemudian mendaftarkan karyawan di BPJS Ketenagakerjaan.

"Kita juga telah melakukan sosialisasi secara terus menerus kepada perusahaan, bagi karyawan yang diterima untuk dapat mengembalikan kartu angkatan kerja tersebut,"harapnya.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori