Titik Panas Mulai Terpantau di Tanjabbar

Senin, 25 Maret 2019 - 21:48:52


H Kosasih
H Kosasih /

radarjambi.co.id-TANJABBARAT-Titik panas mulai terpantau di Kabupaten Tanjab Barat, sehingga membuat Pemkab Tanjabbar lansung waspada serta Bupati Safrial lansung mengeluarkan SK siaga bencana 2019.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Kepala Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Tanjab Barat, H Kosasih mengatakan saat ini di wilayah Kabupaten Tanjab Barat terpantau dua titik panas.

Dikatakannya, sebagaimana diketahui bahwa saat ini di Kabupaten tetangga terjadi Karhutla, sehingga besar kecilnya hal itu akan mempengaruhi daerah Tanjabbar yang mayoritasnya lahan gambut.

"Sehingga untuk mengantisipasi dan supaya pencegahan diterbitkan oleh Bupati surat keputusan tentang siaga bencana 2019," ujar Kosasih, Senin (25/4).

Dia mengatakan sejauh ini pihaknya melakukan sosialisasi pencegahan dengan melibatkan dunia pendidikan. Namun apabila sudah dianggap darurat akan mendirikan posko tanggap darurat.

"Dua titik panas terpantau di Tanjab Barat, lokasinya di Kecamatan seberang kota. Ini baru titik panas, bukan titik api," ujarnya.

Dijelaskannya,untuk upaya pencegahan selain action di lapangan yang gencar dilakukan pemantauan dan pencegahan tetapi juga meningkatkan kesadaran dari dunia pendidikan.

"Hal itu dilakukan diharapkan kedekatan anak dengan orang tua agar sadar lingkungan sekitar," jelas Kosasih.

 

 

Reporter     : Kenata

 

Editor       : Ansory