Wabup Harap TPA dan TPSA Bangkitkan Identitas Religius dan Budaya Kerinci

Kamis, 28 Maret 2019 - 20:17:06


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - KERINCI – Dalam usaha mendukung pembangunan bidang keagamaan di Kabupaten Kerinci, Pemerintah Daerah terus mendorong terbentuk dan berkembangnya Taman Pendidikan Al Qur'an/Taman pendidikan Seni Al Qur'an (TPA/TPSA) yang berkualitas di Kerinci.

Pemkab Kerinci sangat berharap kegiatan di TPA/TPSA mampu membangkitkan identitas religius dan kultural yang dimiliki dengan membangun konsolidasi dan kesadaran bersama bagi semua pihak untuk berpartisipasi secara lebih optimal bagi kemajuan perkembangan TPA/TPSA di Kabupaten Kerinci.

Wakil Bupati Kerinci, H Ami Taher menjelaskan Pemerintah Daerah telah menetapkan visi dan misi pembangunan daerah untuk Lima tahun ke depan.

Salah satunya, meningkatkan pembangunan SDM yang berkualitas dan mempunyai salah satu program unggulan yakni meningkatkan pembinaan keagamaan.

Program ini di antaranya, dengan mendirikan pesantren tahfidz Al-Qur’an, mengadakan pesantren Ramadhan, mengaktifkan kembali BKMT, pengajian karang taruna, pengajian umum, pengajian adat, mengembangkan organisasi keagamaan, peningkatan anggaran honor guru ngaji/TPA/TPSA dan penjaga masjid.

"Program inilah, nantinya, yang ikut mendukung dan mewujudkan visi dan misi Kerinci Lima Tahun kedepan," ujar Wabup.

Untuk itu, lanjutnya Pemkab Kerinci sangat mendukung kegiatan TP/TPSA dengan memberi perhatian terhadap kesejahteraan para guru TPA/TPSA walaupun nominalnya belum memadai.

"Namun demikian, Pemerintah akan tetap berupaya meningkatkannya," sebutnya.

Dia juga mengharapkan kegiatan di TPA/TPSA mampu membangkitkan identitas religious dan kultural yang dimiliki dengan membangun konsolidasi dan kesadaran bersama bagi semua pihak untuk berpartisipasi secara lebih optimal bagi kemajuan perkembangan TPA/TPSA di Kabupaten Kerinci.

"Namun yang tidak kalah pentingnya adalah pembinaan karakter, akhlak melalui didikan subuh, wirid remaja, Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) dan lain sebagainya,"jelasnya.

 

 

Reporter : Soni

Editor     : Ansori