Separuh Kursi Anggota Dewan Sarolangun akan Diduduki Wajah Baru, Prediksi Nama Dewan Terpilih

Kamis, 25 April 2019 - 20:14:26


Ilustrasi
Ilustrasi /

 

Radarjambi.co.id - SAROLANGUN - Hingga saat ini PPK disejumlah kecamatan masih melakukan pleno rekapitulasi penghitungan suara.

Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, pleno rekapitulasi paling lambat hingga 4 Mei mendatang. Meski belum ada penetapan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun. 

Namun prediksi nama-nama anggota DPRD Kabupaten Sarolangun periode 2019-2024 mulai mencuat di tengah masyarakat.

Menariknya, nama-nama yang muncul didominasi muka baru, artinya diprediksi banyak incumbent yang gagal meraih kursi di DPRD Kabupaten Sarolangun. 

Catatan harian ini lebih 50 persen atau 18 orang nama yang muncul merupakan muka-muka baru.
Dirangkum dari berbagai sumber dan pengumpulan data di lapangan, memprediksi nama Caleg yang berpeluang duduk di kursi DPRD Kabupaten Sarolangun.

Untuk Dapil I ada lima muka baru yang diprediksi merebut kursi DPRD, masing-masing Yusuf Helmi dari Partai Golkar. Kemudian Ronald Pasaribu dan Asrin Amer keduanya dari Partai Demokrat. Ada juga nama H Zulkifli dari PKS dan Ade Putra dari PAN. Untuk Yusuf Helmi dan Zulkifli meski terbilang muka baru, namun keduanya pernah duduk di DPRD Kabupaten Sarolangun. H Zulkifli pernah menjabat periode 2004-2009 dan Yusuf Helmi periode 2009-2014.

Sedangkan di yang masih bertahan di Dapil I diprediksi masing-masing Hurmin (PPP), Muhammad Fadlan Arafiqi(PKB), Zulkifli Sudin (Golkar) dan Abdul Basid (Geindra).

Untuk Dapil II diprediksi ada 5 muka baru yang bakal duduk masing-masing Sarwani (Gerindra), Agung Prasetya (PAN), Edi Prawito (Perindo), Muslimin (PKB) dan Ahmad Surullah (PPP). Diprediksi yang masih bertahan di Dapil II masing-masing, Cik Marleni (Golkar), Aang Purnama (Demokrat), Amir Mahmud (Golkar), A Marzuki (PDIP), Heldawati Nadeak (PDIP) dan Siti Aisyah Harahap (PKS).

Untuk Dapil III diprediksi ada 4 muka baru yang bakal duduk masing-masing, Jefri (Golkar), Fadlan Kholik (PKS), Syahrial Gunawan (PDIP) dan Willy (PPP). Diprediksi yang masih bertahan di Dapil III masing-masing, H Muhammad Syaihu (Demokrat), Tantowi Jauhari (Golkar), Selamet Kastalo (Geindra), Azrai Wahab (Nasdem) dan Ali Muntaha (PKB).

Untuk Dapil IV diprediksi ada 4 muka baru yang bakal duduk masing-masing, H Pahrul Rozi (Golkar), Rapalan (PKS), Suherman (PPP) dan Julius (PDIP). 

Di Dapil IV hanya dua nama yang bakal bertahan. Diprediksi yang masih bertahan di Dapil IV masing-masing Azakil Azmi (Golkar) dan Hermi(PAN).

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Sarolangun Muhammad Fakhri, menyebutkan, hingga saat ini KPU belum menetapkan nama-nama anggota DPRD Kabupaten Sarolangun terpilih. 

Sebab PPK disejumlah kecamatan masih melakukan pleno rekapitulasi penghitungan suara. Hasil akhir penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 akan ditetapkan secara manual melalui rapat rekapitulasi secara berjenjang di setiap tingkatan dari 18 April 2019-22 Mei 2019.

Kemudian, kata Fakhri, jika rekapitulasi perhitungan suara selesai, maka tahapan selanjutnya penyelesaian Sengketa Hasil Pemilu DPR, DPD, DPRD, Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota. 

‘’Jika memang tidak ada gugatan di MK, maka dilakukan pentapan perolehan kursi dan calon terpilih. Tapi kalau ada gugatan ke MK, maka penetapan calon terpilih paling lama tiga hari setelah penetapan, putusan dismisal atau putusan makamah konstitusi dibacakan,’’ pungkasnya.

 

 

Reporter : C. Rangkuti

Editor     : Ansori