Diprediksi, Sebagian Besar Dewan Provinsi Jambi Wajah Baru

Kamis, 25 April 2019 - 21:45:40


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - JAMBI - Penghitungan perolehan Parpol dan Caleg pada Pemilu 2019 ini sudah mulai diketahui hasilnya meskipun penghitungan oleh KPU masih berlangsung.

Diprediksi sebagian dewan yang duduk di DPRD Provinsi Jambi merupakan wajah baru. Hal ini dikarenakan sebagian besar dewan incumbent di DPRD Provinsi ada yang tersangkut masalah hukum. 

Sehingga mereka yang sudah masuk dalam DPT Pileg tidak terlalu serius mencari suara.

Sejumlah nama digadang-gadang memperoleh suara signifikan dalam pemungutan suara 17 April 2019 kemarin.

Dari partai Gerindra misalnya, ada nama Rocky Candra yang memang cukup dominan mendominasi kampanye sejak 23 September 2018 lalu. Rocky merupakan pendatang baru yang mendapatkan dukungan penuh dari partai berlambang burung Garuda.

Partai besutan Prabowo Subianto juga memiliki jagoan lain seperti Budiyako yang tidak lain merupakan kandiddat petahana.

Peluang dua kursi terbuka lebar mengingat Budiyako juga memperoleh suara signifikan di tanah pilih pusako betuah lalu ada juga nama Muslim.

Dari partai Golkar ada nama Asari Syafii yang juga mendapatkan suara dominan. Asari merupakan wajah baru dari partai berlambang pohon beringin yang sebelumnya selalu diisi almarhum Zoerman Manap.

Demikian pula dengan PKB yang juga menempatkan wajah baru untuk menempati kursi parlemen. 

Ada Sulaiman Syawal, Ketua DPC PKB Kota Jambi yang disebut mendapatkan suara signifkan bersama Kemas Alfarabi.

Dari partai Demokrat, nama Yuli Yuliarti dan Mirza Havis berpelung menjadi wakil partai berlambang merci. 

Keduanya masih bersaing ketat untuk mendapatkan jatah satu kursi parlemen.

Disamping itu ada pula wajah lama yang juga berpeluang unggul di Kota Jambi. Ada nama Ketua DPD PDI Perjuangan, Edi Purwanto, Wiwit Iswara, Sofian dan Supriyanto Sekretaris DPW PKS Provinsi Jambi.

Dapil Muarojambi-Batanghari, Dari Dapil ini, mantan Bupati Muaro Jambi Burhanuddin Mahir yang maju dari Demokrat berpotensi besar melenggang ke DPRD.

Sementara PKB sepertinya ditopang oleh suara Ria Juliana, adek kandung Bupati Muaro Jambi Masnah Busyro.

Dapil 4 Sungai Penuh-Kerinci ada Ezzaty, putri walikota Sungai Penuh AJB.

Raihan suara Parpol di tingkat DPRD Provinsi Jambi meskipun pleno saat ini masih di tingkat PPK, mulai bisa diraba.

Berdasarkan data yang diperoleh di Sistem Perhitungan (Situng) KPU RI sementara yang sudah diunggah di Web KPU RI, sudah terlihat hasil rekapitulasi tingkat Provinsi Jambi.

Posisi PDI Perjuangan dalam perebutan suara di DPRD Provinsi Jambi terus menguat. Setelah selisih 0,2 persen di rekapitulasi situng KPU RI pada Rabu lalu, partai berlambang banteng dengan moncong putih ini mulai meninggalkan Golkar.

PDI Perjuangan meraih 14,9% sementara Golkar yang memepet 13,7%. Atau terpaut 1,2 persen.
Sementara Demokrat berada di posisi ketiga dengan perolehan 11,65%, PKB10,03%, PAN 9,6%, Gerindra, 9,09% PKS, 8,64% Nasdem, 5,79% dan PPP 5,03%.

Ini berdasarkan update situng kemarin pukul 14.15 WIB. 

Adapun jumlah TPS yang masuk 2.489 dari 11,342 TPS atau 21.94498%.

 

 

Reporter : E. Haryanto

Editor     : Ansori