Puluhan Alsintan Siap Turun ke Desa

Minggu, 28 April 2019 - 21:10:45


Alat mesin pertanian (Alsintan) yang diterima Pemkab Batanghari
Alat mesin pertanian (Alsintan) yang diterima Pemkab Batanghari /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Pemerintah Kabupaten Batanghari melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura pada tahun 2019 ini kembali memberikan bantuan Alat mesin pertanian (Alsintan) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Bantuan tersebut nantinya akan disebarkan ke beberapa Desa dalam wilayah Kabupaten Batanghari melalui kelompok tani.

Hal ini diungkapkan oleh Darwin kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, dikatakannya meski ditahun 2019 ini kembali mendapatkan bantuan Alsintan, namun bantuan tersebut menurun dibandingkan tahun 2018 lalu.

"Dibandingkan tahun 2018 lalu jauh menurun, tahun lalu hand traktor empat puluh unit. Di tahun 2019 cuma 13 unit. Sementara pompa air tahun 2018 ada 20 unit dan di tahun 2019 cuma 14. Untuk ultipator 10 unit, sekarang cuma 8 unit,"beber Darwin.

Darwin menambahkan ditahun 2019 ini pihaknya juga mengalokasikan mesin perontok padi melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Batanghari sebesar Rp 1,3 miliar.

Nantinya bantuan akan diberikan ke seluruh kelompok tani yang berada di pedesaan.

"Ada sekitar 50 unit mesin perontok padi bagi kelompok tani di pedesaan,"tuturnya.

Dengan adanya bantuan tersebut pihaknya berharap dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Kabupaten Batanghari dalam mengembangkan pertanian di Bumi Serentak Bak Regam.

"Kita berharap nantinya pertanian di kabupaten Batanghari dapat meningkat, dan berkualitas,"harap Darwin.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori