Ketua DPRD Kota Jambi Jadi Sorotan, Tujuh Kali Berturut-turut Tak Hadir Rapat Paripurna

Minggu, 28 April 2019 - 22:10:13


Suasana Paripurna DPRD Kota Jambi
Suasana Paripurna DPRD Kota Jambi /

 

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Jambi M Nasir menjadi sorotan anggota DPRD Kota Jambi. Pasalnya wakil rakyat dari Partai Demokrat tersebut sudah 7 kali berturut-turut tidak hadir pada rapat paripurna.

Berdasarkan tatib, hal tersebut menyalahi aturan.

Ketua Badan Kehoramatan DPRD Kota Jambi Suherman mengatakan, pihaknya akan meminta penjelasan dari Ketua DPRD M Nasir terkait ketidakhadiran tersebut.

“Sejauh ini kita belum mengetahui alasannya, BK belum lakukan rapat. Nanti akan kita lihat absensi di sekretariat dulu,” kata Suherman, Selasa (25/4), usai rapat paripuran jawaban eksekutif mengenai tangggapan faraksi terhadap RPJMD 2018/2023.

Suherman mengatakan bahwa pihaknya akan segera menyurati M Nasir untuk mempertanyakan ketidakhadirannya, berdasarkan tatib, 7 kali berturut-turut tidak hadir Paripurna sudah melanggar.

“Nanti kita dari BK akan keluarkan surat rekomendasi kepada partai. Untuk sanksi tergantung dari partai tempatnya bernaung. Mungkin partai bisa menarik M Nasir. Apakah ditarik dari ketua atau seperti apa tergantung partai,” kata Suherman.

“Menurut tatib kita maksimal hanya boleh 6 kali tidak hadir, ini sudah 7 kali,” imbuhnya.

Kata Suherman, Ketua DPRD hanya tidak hadir pada saat rapat paripurna,namun pada kegiatan lain, seperti pansus dan lainnya, M Nasir tetap hadir.

“Pansus beliau hadir. Paripurna saja tidak hadir,” ujarnya.

Sementra M Nasir, ketika dikonfimasi mengatakan,dirinya tidak hadir beberapa kali puripurna tersebut karena kurang sehat.

“Kurang sehat inikan banyak, bisa kurang sehat badan, kurang sehat pikiran,” katanya.

Lebih lanjut Nasir menyebutkan, ketika anggota DPRD lain melakukan protes terhadap dirinya, tidak masalah. Jika ada surat dari BK Ia juga akan terima.

“Dak papolah, gek suratilah sayo, sayo datang. Sayo kurang sehat macam mano?,” tuturnya.

 

 

Reporter : Musriah

Editor     : Ansori