Jalan Mudik di Batanghari Rusak parah

Senin, 29 April 2019 - 20:46:18


Shomad
Shomad /

Radarjambi.co.id - MUARABULIAN - Kondisi ruas jalan nasional di Kabupaten Batanghari, kian memprihatinkan. Meski berkali-kali masyarakat menuntut minta diperbaiki, namun belum ada kejelasan untuk perbaikan jalan dari Pemerintah Provinsi maupun Pusat.

Kerusakan jalan yang makin hari semakin parah ini, tentunya akan menggangu arus mudik lebaran 2019 nantinya. 

Dapat dipastikan kendaraan yang melintasi mengalami hambatan luar biasa jika belum ada perbaikan jalan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Batanghari, Abdul Shomad mengatakan, pihaknya terus berkoordinas dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional IV dan Pemprov Jambi terkait perbaikan ruas jalan nasional itu.

"Kami selalu koordinasi terkait hal itu. Namun sampai saat ini belum ada jawaban dari mereka," ujarnya

Shomad mengatakan, terkait kerusakan ruas jalan nasional yang terbentang di Kabupaten Batanghari bukan berarti pemerintah daerah (Pemda) tak peduli atau terkesan tutup mata. Namun, perbaikan dan perawatan bukanlah ranah pemda.

"Karena pemda juga memiliki keterbatasan. Penanganan pemeliharaan dan peningkatan juga bukan ranah pemda," katanya.

Untuk persiapan arus mudik lebaran nanti, lanjut Shomad, pihaknya hanya berjasa menyiapkan alat-alat berat dan material di titik-titik yang dinilai membahayakan pengguna jalan.

"Kami untuk arus mudik lebaran, kami hanya bisa menyiapkan alat berat seperti ekscavator, vibro dan loder. Paling tidak untuk fungsional sementara untuk arus mudik ini," lanjutnya.

Menurutnya, ketika arus mudik dimulai, orang-orang dari berbagai daerah bakal melewati ruas jalan tersebut. 

Dan pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak yang berwenang terkait perbaikan itu.

"Dengan artian bukan kita mau lepas tangan. Tapi ini tanggung jawab masing-masinglah. Itu ruas jalan mereka masa kita yang urus. Tapi kalau untuk kepentingan umat, itu mau tak mau juga," tandsnya.

 

 

Reporter : Didi

Editor     : Ansori