Arakan Sahur Melestarikan Khazanah Budaya Wisata Religi Tahunan di Tanjab Barat

Senin, 06 Mei 2019 - 17:22:34


Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr H Safrial Saat Membuka Festival Arakan Sahur
Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr H Safrial Saat Membuka Festival Arakan Sahur /

Radarjambi.co.id - KUALA TUNGKAL - Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1440 Hijriyah/2019 Masehi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat kembali menggelar festival arakan sahur, Minggu (5/5) malam. Meskipun sempat diguyur hujan tapi tidak megurungkan niat ribuan masyarakat untuk menyaksikan festival arakan sahur, ini dibuktikan dengan padatnya penonton sepanjang Jalan yang akan dilalui para peserta.

Bupati Tanjung Jabung Barat, Dr H Safrial seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten kembali menyelengarakan festival arakan sahur di malam bulan suci Ramadhan untuk melestarikan kekayaan khazanah budaya masyarakat.

"Kita kembali menggelar arakan sahur untuk melestarikan khazanah budaya di kabupaten tercinta ini dalam bentuk wisata religi. Selain itu, saya harapkan mampu menjadi perekat dalam mempersatukan seluruh lapisan masyarakat dari berbagai suku agama dan kepercayaan yang ada disini," ujarnya.

Safrial juga mengajak kepada masyarakat untuk selalu mempererat tali silahturahmi sesama umat beragama agar terciptanya toleransi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Sementara Kepala Dinas Parawisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Tanjung Jabung Barat, Otto Riady selaku penyelenggara menyampaikan kegiatan arakan sahur Pemkab Tanjab barat kali ini telah menyediakan bonus berupa uang tunai puluhan juta Rupiah dan piala bergilir.

"Untuk juara harapan tiga sebesar lRp 5 Juta, harapan 2 Rp 7 juta, dan harapan 1 sebesar 9 juta. Sedangkan untuk juara 3 sebesar 11 juta l, juara 2 Rp 13 juta dan juara 1Rp 15 juta," jelas Kadispora.

Festival arakan sahur ini diharapkannya mampu menjadi ikon Tanjab barat dan menjadi budaya tahunan yang mampu menarik pengunjung dari luar daerah.

Untuk diketahui, seperti tahun tahun sebelumnya festival arakan sahur ini dilaksanakan satu minggu sekali setiap malam akhir pekan atau hari Sabtu malam selama bulan suci Ramadan.

 

 

Reporter : Kenata

Editor     : Ansori