Kesehatan Hewan Kurban akan Diperiksa

Kamis, 25 Juli 2019 - 19:33:43


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-SAROLANGUN-Guna mengetahui kelayakan hewan yang akan dikurbankan di Hari Raya Idul Adha 1440 H, Dinas Perternakan dan Perikanan (Disnakkan) Sarolangun, akan melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan hewan kurban.

Hal ini dikatakan Pelaksna Tugas (Plt) Kepala Dinas Disnakkan Sarolangun, Asnawi saat dimintai keterangan, baru-baru ini.
Menurutnya, Disnakkan menyiapkan tim yang akan diturunkan kelapangan memeriksa hewan kurban untuk menentukan kelayakan hewan kurban yang akan disembelih, apakah hewan ada yang terjangkit dengan penyakit atau tidak.

“Ada tim kita yang turun kelapangan bersama Dokter hewan untuk mengecek hewan yang akan dikurbankan, dari hasil tersebut akan kelihatan layak atau tidaknya untuk dikurbankan,” kata Asnawi.

Dijelaskan Asnawi, direncanakan tim akan turun kelapangan 10 hari menjelang Idul Adha. Dalam kesempatan tersebut, tim akan datang ke setiap daerah dalam Kabupaten Sarolangun.

“Semuanya wilayah yang akan kita datangi mulai dari pasar daging hingga tempat yang akan mengadakan kurban,”ucapnya.

Sementara itu, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk memilih hewan kurban yang sehat, serta sesuai dengan Syariat Islam.

“Kita harap hewan yang dikurbankan adalah hewan kurban pilihan, harus sehat bebas dari penyakit,” tandasnya.


Reporter : Carles R

Editor : Ansory S