ATCS Dilakukan Penambahan , Upaya Meminimalisir Kemacetan

Minggu, 04 Agustus 2019 - 21:19:09


Salah satu kawasan ATCS di Kota Jambi.
Salah satu kawasan ATCS di Kota Jambi. /

radarjambi.co.id-KOTAJAMBI-Pemerintah pada 2019 ini akan memasang sebanyak lima simpang menggunakan Area Traffic Control System (ATCS). Dengan adanya sistem ini, diharapkan kemacetan bisa terurai.

Sebab, ada beberapa titik yang memang menjadi fokus untuk dipasang ATCS agar kemacetan tidak lagi terjadi.

Disampaikan oleh Saleh Ridho, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi seperti di simpang lampu mayang, kerap terjadi macet panjang. Sehingga di simpang tersebut akan di pasang ATCS.

“Jadi kalau disana macet, lampunya bisa diganti jadi hijau sehingga kemacetan bisa dihalau,”terangnya.

Dikatakan Saleh bahwa saat ini sudah ada tiga simpang lampu yang dipasang ATCS. Yakni lampu merah simpang pulai, simpang makalam dan simpang rindu arah ke Paal V.

“Untuk tiga simpang lampu ini anggarannya sebesar Rp 2 miliar yang berasal dari APBN. Saat ini sudah bisa dimanfaatkan terutama untuk merekayasa lalu lintas,”terangnya

Selanjutnya dua simpang lagi adalah simpang mayang dan simpang Kotabaru. Anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp 1,2 miliar menggunakan APBD Kota Jambi.

“Kalau yang di simpang mayang dan kotabaru ini masih dalam proses tender. Dalam waktu dekat akan segera dipasang dan beroperasi,”jelasnya.

Dikatakan Saleh bahwa Simpang Mayang merupakan titik yang menjadi prioritas untuk dipasang ATCS. Sebab, di lokasi tersebut kerap terjadi macet panjang. Terutama pada saat libur atau weekend.

“Jadi nantinya jika sudah di pasang ATCS, kita bisa merekayasan lalu lintas melalui COC yang ada di kantor Walikota. Jika dititik lampu merah itu ada kemacetan, kita akan langsung segera ganti lampu merahnya jadi lampu hijau atau sebaliknya. Sehingga kemacetan bisa terurai,”terangnya.

Saleh menambahkan untuk beberapa simpang lainnya juga akan di dukung oleh CCTV seperti di tugu keris dan beberapa simpang lain yang bisa berfungsi untuk mengurai kemacetan. “Sehingga masyarakat bisa terhindar dari kemacetan,”terangnya.

 

Reporter  :   Ria

Editor      :  Ansory S