Disnakertrans Jambi Buka 1.500 Lowongan Kerja

Kamis, 29 Agustus 2019 - 21:15:18


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-JAMBI-Berdasarkan data statistik per Februari 2019 tingkat pengangguran di Provinsi Jambi turun dibandingkan tahun 2018. Tahun 2019 pengangguran sebanyak 3,65% sedangkan periode Agustus 2018 sebanyak 3,82%. Adapun jumlah pengangguran berkisar 67 ribu orang.

Kepala Bidang PPPTKP Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jambi, Cikmas Hadi Salasa, mengatakan berbagai faktor yang mempengaruhi angka pengangguran menurun adalah banyak program yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Jambi dalam rangka penyerapan lapangan pekerjaan.

Selain itu terdapat pula pihak swasta yang turut melaksanakan penyerapan tenaga kerja.
"Apalagi banyak juga penyerapan tenaga kerja ke luar negeri seperti Jepang, Korea Selatan, Singapura dan negara lainnya. Tenaga kerja kita yang di luar negeri itu bukan lagi ditempat informal tapi sudah pada formal atau skill seperti perikanan, perawat, perawat lansia. Itulah salah satu upaya pengurangan pengangguran di provinsi Jambi," ungkap Cikmas saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Kamis (29/8/2019).

Selain itu, terdapat pula ajang mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan penyedia lowongan (job fair) yang biasa di lakukan setiap tahun.

Melalui job fair jumlah pengangguran semakin berkurang. Provinsi Jambi akan menggelar job fair pada 6-8 September 2019 di Jamtos dengan 1.500 pekerjaan dari 50 perusahaan.
Nantinya, perusahaan akan menerima tenaga kerja baik di dalam dan di luar negeri.

Seperti keuangan, asuransi, Hutan Taman Industri WKS, Pabrik Kertas, perhotelan dan lainnya.
"Pelamar yang memenuhi syarat perusahaan akan diterima. Dengan job fair sangat efektif untuk mengurangi pengangguran. Paling tidak ada 1.500 lowongan dari dalam dan luar negeri," sebut Cikmas. (rvi)

 

Editor   :    Ansory S