Gubernur Ajak Kelompok Tani Terus Tingkatkan Kualitas Tanaman Pangan

Sabtu, 07 September 2019 - 15:09:09


Gubernur  ajak petani tingkatkan kualitas pangan.
Gubernur ajak petani tingkatkan kualitas pangan. /

radarjambi.co.id-JAMBI-Gubernur Jambi, Fachrori Umar, mengajak kelompok tani dan seluruh pemangku kepentingan serta pihak terkait untuk bersama-sama terus berupaya meningkatkan kualitas tanaman pangan varietas lokal Provinsi Jambi, yang akan berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan petani, selanjutnya meningkatkan perekonomian dan kemajuan daerah.

Hal itu disampaikannya dalam Penyerahan Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal oleh Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementerian Republik Indonesia kepada Bupati Kerinci di Desa N 1 Kecamatan Kayu Aro Barat Kabupaten Kerinci, Jumat (6/9/19) sore.

Sebelumya bersama, bersama Bupati dan Forkopimda Kerinci, Gubernur Jambi melakukan Tanam Perdana Bantuan Benih Kentang Program Peningkatan Produksi Pertanian APBD Provinsi Jambi Tahun 2019 di Kelompok Tani Cipanas di Desa N 1 tersebut.

Gubernur sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh Bupati Kerinci dan jajaran bersama kelompok tani, dan Kementerian Pertanian dalam pengusulan sampai penentuan varietas tanaman lokal, dan berharap sertifikat tersebut membawa dampak positif kepada petani.

Ada delapan varietas tanaman lokal yang mendapat sertifikat dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia, yang terdiri dari tanaman hortikultura dan tanaman pangan, yakni 1.Bawang Putih Varietas Jangkiriah Adro, 2.Bawang Merah Varietas Baki Adro, 3.Cabai Varietas Loker Telun Berasap, 4.Cabai Varietas Ahang Adro, 5.Kentang Varietas Kubik Adro, 6.Padi Varietas Padi Payo Dukung, 7.Padi Varietas Padi Payo Bunga Melur, dan 8.Ubi Jalar Varietas Ubi Jalar Silo.

Fachrori Umar menegaskan hak mendapat makanan atau ketersediaan bahan pangan menjadi hak asasi manusia, untuk itu dirinya memberi perhatian akan keberadaan pangan di Provinsi Jambi.

"Pangan merupakan kebutuhan dasar utama manusia yang harus dipenuhi setiap saat sebagai kebutuhan dasar dan mempunyai arti dan peranan penting bagi kehidupan bangsa," tegas Fachrori.

Fachrori mengatakan, percepatan pelaksanaan pembangunan tanaman pangan, hortikultura dan peternakan menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Jambi serta mengharapkan kerjasama masyarakat petani mewujudkan cita-cita bersama berdaulat dibidang pangan.

"Selalu bekerja dengan baik dan mengikuti petunjuk petugas penyuluh yang memberi bimbingan dan informasi terkait masa pra tanam, tanam, hingga panen dan jika menemui kendala segera lakukan diskusi dan temukan solusi," pesan Fachrori.

Bupati Kerinci, Adirozal menyampaikan, dengan terdaftarnya hasil tani akan mensejahterakan masyarakat. "Hasil petani Kerinci didaftarkan bisa untuk disebar dan tentunya meningkatkan nilai jual," ungkap Bupati Kerinci.

Adirozal menilai kehadiran Gubernur Jambi serta pihak Kementerian Pertanian memberi harapan dan menjadi motivasi bagi masyarakat Kerinci untuk lebih giat meningkatkan hasil pertanian. "Kami akan berbuat lebih baik kedepannya dengan sertifikat tentunya produk hasil tani kita lebih dihargai," kata Bupati Kerinci.

Kepala PPVTPP Kementerian Pertanian Prof.(R).Erizal Jamal menyatakan kedepan pihak kementerian membantu apapun yang terkait dengan pembangunan pertanian di Kerinci.

"Hari ini kami buktikan dengan penyerahan sertifikat sebagai tanda pemerintah mengakui bahwa varietas yang kita berikan sertifikat itu murni milik pemerintah dan masyarakat kabupaten Kerinci," ujar Erizal.

Erizal menjelaskan, proses sertifikasi varietas pertanian tersebut merupakan kerjasama dengan BPTP Jambi untuk mengindentifikasi dari varietas yang ada untuk mendapatkan sertifikat.

"Kerjasama dan kita telah berhasil mengindentifikasi dari varietas yang hari ini kita serahkan sertifikatnya sudah didaftarkan dan sah menjadi milik Kabupaten kerinci terutama masyarakat Kerinci," ungkap Erizal Jamal.

Erizal menyampaikan data jumlah varietas tanaman yang saat ini ada 1.468 varietas yang sudah didaftarkan, dan 38 varietas dari Provinsi Jambi yang 13 diantaranya dari Kabupaten Kerinci.

"Varietas potensial yang siap untuk didaftarkan kami siap untuk mendampingi, harapan menjadi produk unggulan nasional menambah semangat petani dan kami siap bantu dan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten Kerinci," kata Erizal.

Kabupaten Kerinci tentunya mendapat kabar gembira dengan varietas bawang putih yang menurut Prof.Erizal Jamal sangat berpotensi menjadi bibit untuk dikembangkan, saat ini Kementerian Pertanian mengupayakan supaya tahun 2021 swasembada bawang putih.

“Kesulitan mencari benih dan kita berharap benih dari Kerinci ini menjadi andalan, kita lihat besar-besar sama dengan yang kita import dari China," ujar Erizal.

Kapala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Jambi Akhmad Maushul menyampaikan, beberapa bantuan melalui kegiatan pengembangan kentang yang dilaksanakan berupa bantuan benih kentang dari APBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2019 dengan target seluas 15 hektare yang tersebar di Kecamatan Kayu Aro Barat untuk Tiga Kelompok Tani, KT Cipanas Desa Patok Empat, KT Formula Desa Giri Mulyo, KT Harapan Mulya Desa Kampung Baru masing masing seluas lima hektare dengan benih sebanyak lima ton.

Selanjutnya, Akhmad Maushul menyampaikan pengadaan bibit jeruk seluas 37,5 hektar atau sebanyak 15.000 batang yang tersebar di lima kelompok tani di lima desa dan lima kecamatan di luar Kecamatan Kayu Aro Barat.

Selain itu, termasuk peningkatan produksi sayuran aneka cabai merah seluas 20 hektare, aneka bawang merah 20 hektare, kawasan bawang putih 100 hektare.

 Untuk kawasan buah yang terdiri dari kawasan durian seluas 3 hektare, jeruk 45 hektar (intensifikasi 20 hektare dan ekstensifikasi 25 hektare), manggis 30 hektare, bantuan benih jagung 1.000, hektare bantuan herbisida padi 250 hektare.

Pada kesempatan tersebut, Fachrori memberikan bantuan ke Masjid Jihaidil Awal, Kayu Aro Barat yang diterima oleh pengurus masjid. (rvi)

 

 

Editor   ;     Ansory S