Seleksi Sekolahnya Kader Pengawasan Bawaslu

Senin, 16 September 2019 - 21:34:31


Fahrul Rozi
Fahrul Rozi /

radarjambi.co.id-JAMBI-Bawaslu Provinsi Jambi, Senin (16/9/2019) menyelenggarakan seleksi wawancara kepada ratusan peserta sekolah kader pengawasan di kantor Bawaslu Provinsi Jambi.

Sebanyak total 278 orang pelamar, 165 orang berhasil lolos administrasi. Kemudian 123 orang hadir untuk di wawancara 42 orang tidak hadir.

"Jadi sekolah ini dalam rangka membangun mitra sekolah kader pengawasan yang nantinya bisa bersinergi dengan kami dalam berbagi program maupun informasi," ujar anggota Bawaslu Provinsi Jambi, Fachrul Rozi.

Hasil seleksi akan diumumkan pada 20 September 2019. Kemudian Lima orang yang terpilih akan diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti sekolah kader pengawasan selama 14 hari bersama kader dari Provinsi lainnya di Indonesia.

Fachrul Rozi mengatakan kelima peserta akan difasilitasi oleh Bawaslu RI selama mengikuti sekolah. Sedangkan Bawaslu Provinsi Jambi hanya sebatas memfasilitasi seleksi.

Dirinya juga menuturkan bahwa setiap Provinsi mengirimkan jumlah peserta yang berbeda berdasarkan jumlah penduduk. Hal ini juga ditentukan oleh Bawaslu RI.

"Kenapa lima orang itu berdasarkan jumlah penduduk, jadi tidak setiap provinsi itu lima orang, di jawa ada 12 orang, 14 orang, ada 4 orang. Standar itu yang menentukan dari RI," bebernya.

Katanya proses tes wawancara yang di utamakan penguasaan karya tulis, visi misi, kemampuan bersosialisasi dengan masyarakat serta lainnya.

Bila sudah selesai sekolah, kelima kader ini tentunya akan dilibatkan dalam Pilgub 2020 karena antara Bawaslu dan kader pengawasan akan saling membutuhkan.

"Kami akan melibatkan mereka dengan hasil dan pengalaman mereka sekolah, mereka berbagi informasi meskipun tidak ada honornya, mereka tidak bergaji mereka relawan," pungkas Fachrul Rozi.

Lebih lanjut dirinya menuturkan program ini bagian dari Bappenas yang kerjasama dengan Bawaslu RI. Peserta pendaftar berasal dari sebelas Kabupaten Kota Provinsi Jambi.

Bila sudah melaksanakan sekolahnya peserta akan di bagi sesuai dapil berbasis daerah Tanjung Jabung Barat - Tanjung Jabung Timur satu orang, Bungo - Tebo satu orang, Sarolangun - Merangin satu orang, Sungai Penuh - Kerinci satu orang, Muaro Jambi- Batanghari - Kota Jambi satu orang. (rvi)

 

 

Editor   ;    Ansory S