Diduga Kades Bramitam Kanan Gelapan Anggaran Publikasi Kegiatan HUT RI

Senin, 23 September 2019 - 20:24:51


Ilustrasi
Ilustrasi /

radarjambi.co.id-TANJABBARAT-Setelah sebulan lebih berlalu acara upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 74 tingkat Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjab Barat pada tanggal 17 Agustus 2019 lalu bertempat di Desa Bram Itam Kanan, Kades baru meminta kepada salah satu wartawan agar acara tersebut dimuat di media.

Sehingga ada dugaan anggaran Publikasi acara tersebut untuk diterbitkan di media saat itu tidak digunakan atau dakan digelapkan oleh Kepala Desa (Kades) Bramitam Kanan, Saiful Rohman.

Namun, sekarang baru terkuak dengan adanya anggaran tersebut, karena Kades mendesak salah satu wartawan media cetak agar memuat acara tersebut di koran meski acara sudah sebulan lebih diadakan.

Bendaharawan Kecamatan Bram Itam, Mail di hubungi melalui ponsel mengatakan jika kalau dari Kecamatan tidak mengangarkan dana Publikasi di media.

"Kalau dari Kecamatan tidak ada anggaran publikasi media, tapi biaya dokumentasi ada. Kalau untuk publikasi mungkin ada anggarannya di Desa lokasi diadakan upacara, Desa Bramitam Kanan," ujarnya.

Sementara itu Kades Bramitam Kanan, Saiful Rohman dikonfirmasi terkait hal ini mengku memang ada anggaran untuk publikasi di media dari iuran seluruh Kades/Lurah se Kecamatan Bram Itam, namun dirinya enggan menyebutkan nilainya.

"Ya ada anggaranya dari iuran, kami iuran nilainya juga berbeda-beda, dikumpulkan baru dihitung berapa biaya akomodasi dan publikasinya," sebutnya, dihubungi melalui ponsel, Senin (23/9).

Ditanya dengan adanya anggaran untuk publikasi acara di media, apakah ada digunakan dan berapa nilai anggarannya untuk satu media? Diungkapkan Kades, sampai saat ini pihaknya belum melakukan publikasi dengan alasan terlambat.

"Belum ada publikasi kemaren kita terlambat, tapi kita ada hasih DP ke salah satu media, tapi sampai sekarang belum diantar buktinya untuk di SPJ kan. Untuk anggarannya, biasanya kita kasih 300an untuk satu media," ungkap Kades.

Lebih lanjut, dikatakan dia, pihaknya juga telah mengubungi salah satu wartawan media cetak untuk memuat acara Upacara HUT RI ke 74 Kecamatan Bramitam.

"Saya minta tolong kalau bisa dimuat, kalau tidak bisa karena acaranya sudah lama, juga tidak apa-apa," pungkasnya. (ken)

 

Editor   :  Ansory S