Kantor Bahasa Jambi Adakan Penyuluhan Bahasa di Tanjabarat

Jumat, 27 September 2019 - 19:52:16


Jalannya sosialisasi
Jalannya sosialisasi /

Radarjambi.co.id, TANJABBAR - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kantor Bahasa Jambi, menggelar kegiatan penyuluhan Bahasa Indonesia bagi pelaku media massa di Kabupaten Tanjabbar.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari (26 - 27 September 2019) di Hotel Ar-Riyadh Kualatungkal.

Puluhan wartawan media cetak maupun elektronik yang bertugas di Kabupaten Tanjungjabung Barat dan perwakilan beberapa guru ikut menjadi peserta kegiatan penyuluhan tersebut.

Peserta penyuluhan terlihat aktif dan antusias mengikuti sesi per sesi dari materi penyuluhan yang disampaikan oleh Narasumber.

Pada acara tersebut, di hadirkan sebagai Narasumber, Afriendy Gusti, S.S, M.Hum, secara terperinci menyampaikan dengan lugas materi tentang standar baku dan beberapa kaidah berbahasa dan menyusun kata, kalimat hingga menjadi paragraf yang baik dan benar.

"Revisi selalu kita lakukan dan untuk saat ini sudah ada KBBI Edisi V. Disitu di muat beberapa pembaharuan yang baik dijadikan acuan kita," ujar Afriyendy Gusti.

Sementara Narasumber lainnya, Sarwono, S.Pd, menyampaikan secara rinci ketepatan beberapa pilihan kata, beserta pemaknaannya yang benar sesuai buku dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Selain mendengar pemaparan Narasumber, peserta juga diberi kesempatan untuk berdiskusi ringan baik atar sesama peserta maupun dengan narasumber sehingga suasana di ruangan tidak kaku.

Dipihak lain, salahsatu wartawan yang ikut sebagai peserta, Deny Wijaya, menyampaikan apresiasi terkait kegiatan penyuluhan bahasa untuk wartawan.

"Dengan adanya kegiatan penyuluhan ini sangat bermanfaat, banyak ilmu yang dapat kita petik, selama ini ada beberapa hal dalam penulisan maupun kosa kata yang dianggap benar ternyata keliru," sebutnya.

Hal senada juga disampaikan peserta lainnya, Mardan Hasibuan, mengatakan media massa sebagai corong pemerintah dan masyarakat dalam menyampaikan informasi, sehingga harus menguasai bahasa agar informasi yang disampaikan lebih jelas dan mudah dipahami oleh pembaca.

"Kegiatan ini sangat membantu bagi pelaku media sebagai penulis, harapan kita, kegiatan seperti ini sebaikanya dilaksanakan setiap tahun agar memantapkan bahasa dan tulisan kita sebagai wartawan," harap wartawan senior itu. (ken)

Editor.  :  Ansory S